Kata Mereka Soal PKKBN FEB 2023




Sumber: Dokumentasi Panitia


Yogyakarta, Kliring.com - Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN "Veteran" Yogyakarta telah melangsungkan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) tingkat fakultas pada Senin (14/08/2023) lalu. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian PKKBN yang diikuti oleh mahasiswa baru. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa baru jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Sama seperti tahun lalu, PKKBN FEB dilaksanakan di auditorium W.R. Supratman UPN "Veteran" Yogyakarta. 

 

Dalam rangkaian PKKBN tentu terdapat beragam hal yang berkesan bagi mahasiswa baru (maba). Nessa Paramestri, salah satu maba, mengatakan bahwa Jingle PKKBN FEB keren serta dapat menggambarkan maba untuk tetap semangat kuliah di UPNVY dengan menanamkan nilai bela negara. "Parade  OK/KSM  sangat bermanfaat karena benar-benar memperkenalkan organisasi yang ada di FEB,” ungkapnya.


Sementara itu, menurut maba lain, Anindya Azizah, kegiatan Forum Group Discussion (FGD) sangat menyenangkan. Walaupun satu kelas terdiri dari dua gugus, tetapi kakak asuh mampu membuat suasana kelas menjadi nyaman.


Kegiatan PKKBN FEB 2023 lebih inovatif dengan mengadakan FEB berprestasi dan fashion show. FEB Berprestasi merupakan salah satu acara berupa talk show bersama mahasiswa berprestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik. Tak hanya itu, para maba terlihat begitu antusias dengan fashion show dari masing-masing gugus. Menurut Anindya Azizah, sesi yang paling seru dalam PKKBN FEB ini yaitu sesi fashion show karena bisa melihat karya-karya dari gugus lain. 


Berdasarkan informasi dari Ketua Pelaksana PKKBN FEB 2023, Rifky Maulana, logo PKKBN FEB tahun ini berbentuk singa yang bermakna ingin menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada maba untuk menghadapi kehidupan ke depannya. Rifky juga menyebutkan bahwa proses komunikasi dari fakultas sangat mendukung walaupun tidak ada panitia dosen yang mengatur rangkaian acara. Meskipun demikian, miskomunikasi tetap menjadi salah satu kendala. Rifky mengungkapkan bahwa hal ini wajar dalam kepanitian. Namun, hal ini dapat diminimalkan dengan mengkoordinasikan semua panitia dengan baik. Ia juga menambahkan bahwa pelaksanaan PKKBN FEB merupakan sebuah tantangan bagi dirinya sebagai ketua pelaksana untuk mengenalkan mahasiswa baru mengenai kehidupan kampus dengan lebih menyenangkan. 


Melihat persiapan PKKBN FEB tahun ini, Bapak Dr. Drs. Sujatmika, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis pun memberikan pujian kepada panitia dan semua jurusan yang mendukung kegiatan ini. Beliau berharap mahasiswa baru dapat sesuai dengan jargon UPNVY, yakni disiplin, kejuangan, dan kreativitas. "Itulah yang harus ditegaskan," pungkasnya.


Reporter : Putri Lestari, Dina Ariyani

Editor : Annisa Nur Widya Fauzia

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama