Berasa Berebut Tiket Konser : Simak 'Serunya' War KRS di Fakultas Ekonomi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta






Yogyakarta - Mendekati semester baru, para mahasiswa tentunya sudah mulai menyiapkan rencana studi mereka  untuk satu semester ke depan. Begitu pula dengan para mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. Mereka bisa memilih mata kuliah, dosen, sekaligus waktu kuliah yang sudah disediakan (KRS-an) yang dijadwalkan pada tanggal 8-9 Agustus berdasarkan buku Panduan Pendaftaran Kelas dan Perkuliahan FEB UPN ‘Veteran’ Yogyakarta.

Ketika hari H pendaftaran mata kuliah, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2022 yang harusnya CBIS (Computer Base Information System) laman penginputan mata kuliah sudah mulai bisa diakses pukul 08.00 WIB nyatanya belum juga muncul. Hal ini membuat para mahasiswa bertanya-tanya tentang kejelasan penginputan mata kuliah. Sampai pukul 9 lebih barulah terdapat konfirmasi yang tertulis pada laman CBIS bahwa pendaftaran mata kuliah baru bisa dimulai tanggal 9 Agustus 2022 yang disebabkan oleh gangguan sistem dari telematika, sehingga server tidak bisa diakses.

Keesokan harinya, pendaftaran mata kuliah pada laman CBIS sudah bisa diakses. Namun, tidak semua mahasiswa bisa menyusun KRS lantaran server terlalu banyak yang mengakses. Di situlah terjadi perebutan kelas antar mahasiswa, karena takut kelas yang mereka pilih sudah terisi penuh oleh mahasiswa lain.

Meskipun pihak kampus menjanjikan sistem dibenahi dalam sehari, pada kenyataannya masih terdapat kecacatan pada saat penyusunan KRS kembali dibuka keesokan harinya. Mahasiswa FEB tidak bisa secara serempak mengakses laman pendaftaran mata kuliah di CBIS yang tentunya merupakan ketidakadilan dalam 'war KRS'. Lalu bagi mereka yang sudah mengakses CBIS pun banyak yang tiba-tiba keluar dari laman dan kesulitan mengakses kembali. Sampai pukul 10 masih ada mahasiswa yang mendapati laman CBIS akunnya masih blank putih/kosong. Bahkan selang kurang lebih satu jam kemudian mahasiswa tidak bisa log in di akun mereka yang membuat proses penginputan mata kuliah semakin sulit.

Selain tentang masalah server, ada juga masalah tentang ketidaksesuaian antara di laman CBIS dan buku Panduan Pendaftaran Kelas dan Perkuliahan FEB UPN ‘Veteran’ Yogyakarta tentang jadwal mengajar dosen. Perbedaan ini membuat beberapa mahasiswa yang sudah menyusun jadwal kuliahnya tidak bisa mendapat kelas impian mereka karena di laman pendaftaran mata kuliah kelas tersebut tidak ada. Alhasil, mereka terpaksa harus memilih mata kuliah lainnya yang sesuai dengan alokasi waktu jadwal mereka untuk memenuhi jatah SKS (Satuan Kredit Semester).

Macam-macam komentar dilontarkan oleh mahasiswa FEB yang bisa dilihat di halaman depan laman CBIS sendiri:

“Tolong ya, ini blm war loh tapi ga dpt kelas hanya krna eror THIS IS UNFAIR :(“ Wa Ode Siti Ghina Azizah Maharani, Akuntansi 20

“Diharapkan KRS semester depan dan seterusnya bisa lebih baik lagi, dan pihak telematika dapat meningkatkan kualitas servernya untuk meminimalisir adanya error saat KRS berlangsung.” Syahrul Gunawan, Ekonomi Pembangunan 21

“Apakah harus ada matkul 'Manajemen CBIS dan KRS' agar tidak ada masalah saat KRS an setiap tahun??” Althaf Abrar Tianto, Manajemen 19

“Minimal fasilitas susuai UKT.” Haga Fangaro Zebua, Manajemen 20

“Selamat siang Bapak/Ibu admin. Izin bertanya mengenai KRS hari ini. Mengapa server KRS sangat down seperti ini dan jadwal dosen tidak sesuai dengan petunjuk yang dibagikan kepada mahasiswa?” Isaiah Kristan, Manajemen 20

“INI GMN SIH UDH DI CENTANG TBTB CENTANGNYA ILANG SEMUA” Sita Nadiyah Awan, Manajemen 19

Ketua BEM FEB sendiri, Muhammad Asyraf Abdullah Mu’thi bahkan ikut berkomentar tentang masalah KRS yang memang sudah menjadi tradisi awal semester ini. “Setiap KRSan, CBIS trouble, gitu kok maksa nambah kuota mahasiswa. Moshi-moshi Nakula, Sadewa, Janaka, Werkudara.”

Tradisi KRS ini harusnya sudah bisa ditangani oleh pihak fakultas, mengingat kejadian ini tidak hanya terjadi sekali, dua kali, tapi mengapa tradisi yang bisa merugikan mahasiswa ini masih terus berlanjut? Sementara itu, pendaftaran mata kuliah akan ditutup pada Kamis 10 Agustus pukul 23.59 WIB. 


Penulis : Azahra Dita Pramesti

Editor   : Eltrifosa Candra Nugraheni

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama