Antusisme Mahasiswa Baru pada PKKBN Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

Yogyakarta, Kliring.com - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), tengah melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN). Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 12 sampai 19 Agustus. Pada Selasa (15/08/2023) dijadwalkan untuk PKKBN di masing-masing jurusan yang ada di UPNVY. Begitu juga dengan tiga jurusan yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yakni Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. 


Ketiga jurusan melaksanakan PKKBN di lokasi yang berbeda. PKKBN jurusan Manajemen dilaksanakan di auditorium W.R Supratman UPNYV. Jurusan akuntansi menggelar PKKBN di Taman FEB. Jurusan ekonomi pembangunan melaksanakan PKKBN jurusan di halaman depan gedung auditorium yang mana pada tahun sebelumnya PKKBN jurusan ekonomi pembangunan dilakukan di ruangan manajemen.


PKKBN Jurusan Manajemen



PKKBN Jurusan Manajemen 2023

Foto: Sania

PKKBN jurusan manajemen pada tahun 2023 kali ini dilaksanakan di auditorium W.R.Supratman kampus satu UPNVY. Acara ini dimulai dari pukul 7.30 WIB yang dimulai dengan mahasiswa baru dikumpulkan di lapangan softball dan kemudian diarahkan masuk ke dalam auditorium yang disambut oleh suporter manajemen (Superman). 


Acara PKKBN jurusan manajemen berlangsung secara meriah dan mendapat antusias yang tinggi dari mahasiswa baru jurusan manajemen dan juga dari para dosen yang menghadiri acara tersebut. Acara ini mengangkat tema Discover Your Home Unleash Your Potential. Antusias tersebut dapat dilihat dari tugas-tugas yang mereka kerjakan. Menurut koordinator acara yaitu Annida Umah Hadi, persiapan yang dilakukan oleh panitia dilakukan dari jauh-jauh hari untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pada hari-h pelaksanaan. Sejauh ini persiapan yang dilakukan oleh panitia tidak ada kendala yang berarti, hanya ada satu tambahan persiapan yang mereka lakukan yaitu persiapan untuk mozaik. ”Untuk perubahan tidak ada yang signifikan karena untuk rundown sendiri kami menyempurnakan dari yang tahun lalu saja, jadi untuk perubahan signifikan mungkin dari sisi mozaiknya saja sih, kita lihat nanti ya untuk hasilnya,” ujar Ummah. 


Penanggung jawab dari mozaik ini adalah Bagas salah satu staf divisi acara. Panitia mengangkat tema mozaik kali ini tidak jauh dari acara PKKBN yaitu menampilkan logo dari manajemen maupun dari acara PKKBN. “Filosofi untuk hasilnya tersendiri sih sebenarnya tidak ada. Untuk prosesnya sebenarnya ada terkait kebersamaan kita, karena memang di manajemen di angkatan saya sendiri pun saya merasa bahwa kebersamaan itu perlu dijalin lebih baik dan menurut saya juga dengan adanya mozaik membuat mereka merasakan kebersamaan dan juga merasa ada pride di manajemen itu sendiri,” ujar Bagas. Persiapan untuk mozaik ini dilakukan hanya dalam waktu setengah minggu karena menunggu jumlah mahasiswa baru yang masuk ke dalam jurusan manajemen. Bahan-bahan untuk mozaik ini dipersiapkan oleh panitia dan juga mahasiswa baru itu sendiri. Panitia mempersiapkan tempat, patok-patok, tali rafia, dan juga kertas kode. Kemudian mahasiswa mempersiapkan kertas asturo yang akan dipakai untuk mozaik. Panitia berharap untuk panitia PKKBN jurusan manajemen tahun berikutnya untuk lebih kreatif dalam mempersiapkan PKKBN di jurusan manajemen.


“PKKBN hari ini seru dan materi-materi yang diberikan juga mudah dipahami walaupun sedikit mengantuk karena sudah tiga hari PKKBN, dan juga persiapan cukup rumit dan hectic karena kemarin baru dikabarin ternyata foto-foto dari anggota gugus harus lengkap, sedangkan kita masih belum lengkap akhirnya dikerjakan sampai pagi,” ujar salah satu mahasiswa baru jurusan manajemen ketika ditanya pendapat tentang acara pkkbn jurusan manajemen tersebut. Menurut mahasiswa baru jurusan manajemen pkkbn kali ini menyenangkan tapi cukup melelahkan juga karena acara pkkbn yang memang sudah berlangsung selama tiga hari dan pastinya banyak menguras tenaga para mahasiswa baru yang mengikutinya.


Pak Heru Kristanto selaku ketua jurusan manajemen menyampaikan kesan dan pesan terhadap PKKBN 2023. ”Bagus sekali, saya kira dari tahun kemarin pkkbn di tingkat universitas,fakultas,dan juga jurusan, terutama jurusan manajemen berjalan baik dan lancar,” ucap pak Heru. Beliau juga berpesan agar panitia dan juga kakak tingkat dapat memberikan contoh yang baik bagi adik-adik mahasiswa baru, dan selalu menjaga kekompakan. Tidak lupa beliau juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk menjaga kesehatan.


PKKBN Jurusan Ekonomi Pembangunan

PKKBN Jurusan Ekonomi Pembangunan 2023

Foto: Elok

Alfyan selaku Ketua pelaksana dalam acara PKKBN jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) Mengungkapkan Persiapan PKKBN EP ini sudah sekitar 3 bulan lalu, dari mulai panitia menentukan konsep tema acara, dan breakdown lalu menentukan pembicara yang mengisi acara tersebut. Untuk tema acara PKKBN EP tahun ini mengusung tema bhavana harmonia. bhavana sendiri berarti memupuk dan harmonia itu harmoni. Adapun kendala yang dihadapi dalam mempersiapkan acara  salah satunya panitia yang kurang tertib, koordinasi ke fakultas lama karena mereka berhubungan dengan dosen bukan hanya di fakultas juga lalu pada jurusan juga terdapat kendala pemilihan tempat yang sempat ricuh ini karena adanya penambahan kapasitas mahasiswa baru sehingga tempat yang awalnya di MD2 tidak mampu menampung jumlah Maba EP 2023. Tempat kemudian dipindahkan di depan klinik dan ternyata itu tidak bisa karena tempat itu buat parkir dan terakhir di izinkan  untuk di depan pintu utama auditorium. Ia pun menyampaikan bagimana antusiasme dalam PKKBN EP "Maba EP sekarang sedang masa giat-giatnya karena dia masih mahasiswa baru mereka masih semangat seperti euphoria mahasiswa baru nya masih kerasa, terlihat dari banyak maba maba yang bertanya dan ingin tahu tentang Ekonomi Pembangunan. Jadi panitia juga senang melihat antusiasme  mahasiswa dan Acaranya juga sampai sekarang itu masih lancar." Selain itu, terdapat punishment berupa teguran lisan lalu juga ada nametag hukuman untuk panitia yang mungkin tidak membawa peralatan contohnya ada nametag “si paling rajin”. Pesan dari ketua pelaksana untuk maba Tetap semangat karena masih mahasiswa baru masih banyak belajar dan jangan sungkan bertanya sama kakak tingkat karena mereka dapat menjadi contoh untuk maba yang baru bergabung di keluarga mahasiswa ekonomi pembangunan. Ia pun berharap PKKBN untuk periode selajutnya  khususnya Ekonomi Pembangunan dapat lebih meriah dan makin siap lagi baik dari tempat maupun perizinan. 

Salah satu maba membagikan pengalaman dan perasaannya saat PKKBN EP berlangsung 'fatiah mutmainah dari gugus ternate. Ekonomi pembangunan angkatan 2023 "PKKBN ekonomi pembangunan Angkatan 2023 lumayan asik lalu suasananya juga tidak gerah seperti PKKBN univ lalu lumayan Asik. Yang maba dapat dari PKKBN 2023  menjadi tahu nama dosen-dosen di ep. Lalu informasi IPK yang harus dipenuhi agar bisa lanjut ke semester berikutnya. lebih seruan PKKBN fakultas karena tempatnya di bagian dalam auditorium dan lebih meriah. Satu kata buat PKKBN ep yaitu seru." Ungkap Fatiah Mutmainah

Thomas ramadianto, salah satu maba yang memberikan tanggapannya selama mengikuti PKKBN di jurusan ekonomi pembangunan "Acaranya dikemas secara menarik, dan menyenangkan. Menurut Thomas setelah melewati PKKBN selama 3 hari lebih seru PKKBN Universitas karena dapat bertemu temen-temen SMA dari anak teknik itu lalu juga bisa melihat penampilan-penampilan UKM yang lain. Namun PKKBN EP juga tidak kalah seru, informasi yang dapat diambil dari PKKBN yang telah dilaksanakan selama 3 hari, sangat berguna karena dapat menambah ilmu dan wawasan dan mengetahui seluk beluk universitas. Satu kata untuk PKKBN EP “keren”

Terakhir Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan juga menyampaikan Harapannya untuk Maba EP 21 "semangat sampai akhir dengan keingintahuan yang tinggi diharapkan bisa menjadi bekal saat mereka sudah lulus di UPNVY. "

Acara PKKBN jurusan ekonomi Pembangunan yang dilaksanakan pada selasa, 15 Agustus 2023 bertempat di depan halaman auditorium cukup meriah. Acara tersebut diisi dengan perkenalan para dosen yang mengampu program studi S1 Ekonomi Pembangunan di UPNVY. Tidak hanya perkenalan, masing-masing dosen juga memberikan materi terkait perkuliahan untuk mahasiswa baru ekonomi Pembangunan dengan harapan mereka akan memiliki gambaran bagaimana proses belajar dibangku perkuliahan. Selain perkenalan masa kuliah, mahasiswa baru juga dibekali dengan materi pelecehan seksual sehingga mahasiswa dapat memahami hal-hal yang sudah memasuki ranah kekerasan atau pelecehan seksual dan harapannya hal tersebut dapat dihindari. Dalam PKKBN tersebut mahasiswa baru ekonomi Pembangunan menanggapi dengan sangat antusias, banyak yang mengajukan pertanyaan pada dosen tentang bangku perkuliahan maupun materi tentang pelecehan seksual. Acara tersebut juga diisi dengan berbagai macam hiburan. Mahasiswa juga dibebaskan beropini sesuai dengan materi yang bersangkutan. Jumlah mahasiswa yang hadir mencapai 90% dan acara tersebut berjalan dengan lancar walaupun terdapat sedikit kendala pada panitia, namun hal itu dapat ditangani. Mahasiswa baru dibagi dengan berbagai gugus tujuannya agar mereka saling mengenal satu sama lain dalam wadah ekonomi Pembangunan.

PKKBN Jurusan Akuntansi

PKKBN Jurusan Akuntansi 2023

Foto: Sania

PKKBN Akuntansi dilaksanakan di teman FEB menggunakan tenda. Tema yang diusung dalam acara ini adalah “Harmonisasi Akuntansi dalam Pengembangan Diri di Era Society 5.0”. Pada awal acara terdapat Campus Tour, yang mana mahasiswa baru diajak mengelilingi gedung akuntansi sehingga mereka bisa mengenal kampus lebih dalam. Selanjutnya para mahasiswa baru dikumpulkan di dalam tenda untuk melanjutkan acara PKKBN Akuntansi. 

Acara dimulai dengan penyampaian sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Muhammad Taufik Romadhon. Dilanjutkan sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMASI) yaitu Anggara Himokta, dan diakhiri sambutan dari Ketua Jurusan Akuntansi, Ibu Zuhrotun.

 

Kemudian dilanjutkan materi oleh Ibu Zuhrotun dan pengenalan dosen. Tak hanya itu, terdapat pula talkshow dari alumni dan mahasiswa aktif yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia perkuliahan bagi para mahasiswa baru. 


Pada PKKBN Akuntansi kali terdapat hal yang berbeda tahun ini, yaitu Accounting Got Talent. Menurut Farhan, koordinator acara PKKBN Akuntansi, “Accounting Got Talent merupakan terobosan baru dalam acara ini yang memiliki gambaran seperti American Got Talent.” “Para mahasiswa baru menampilkan bakat mereka dan acara dibuat fun pada penghujung acara,” tambah Farhan.

Accounting Got Talent

Foto: Sania

PKKBN Akuntansi 2023 mendapatkan antusiasme yang baik dari mahasiswa baru. Eryn mahasiswa akuntansi 2023 asal Sulawesi memberikan pendapatnya terhadap PKKBN Akuntansi tahun ini. “PKKBN jurusan hari ini sangat menyenangkan, narasumbernya bagus-bagus semua,” ujar Eryn. Bahkan ia mengatakan bahwa PKKBN Akuntansi menjadi PKKBN yang paling baik daripada PKKBN universitas dan fakultas yang telah ia jalani beberapa hari lalu. Selain itu, Noval yang juga mahasiswa baru prodi Akuntansi mengatakan “PKKBN hari ini senang sih, saya bisa bertemu teman-teman saya. Selain itu, materi yang diberikan menambahkan pengetahuan saya terkait dunia perkuliahan.” 


Antusiasme dari mahasiswa baru sudah terjadi dari satu minggu yang lalu yang mana para panitia telah membentuk gugus-gugus dan memberikan penugasan kepada mahasiswa baru. Selain itu, panitia juga sudah mempersiapkan penyambutan kepada mahasiswa satu hari sebelum acara PKKBN Akuntansi.


Acara ini bisa berhasil karena kerja keras panitia yang telah menyiapkannya sejak beberapa minggu lalu. Menurut Farhan koordinator acara PKKBN Akuntansi 2023 bahwa acara ini sudah berjalan lancar. “Alhamdulillah setelah berbagai proses dari panitia akhirnya tiba hari-h pelaksanaan PKKBN, semuanya berjalan lancar sesuai planning.” Ia juga menambahkan bahwa seluruh panitia bisa bekerja sama dan menciptakan harmonisasi yang baik sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Farhan berharap agar PKKBN Akuntansi kali ini menghasilkan bonding dan harmonisasi dari tema PKKBN tahun ini bisa menyeluruh dan dapat dirasakan mahasiswa baru 2023 dan menambah semangat mereka untuk masuk kuliah.


Ketua Jurusan Akuntansi, Ibu Zuhrotun juga turut menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru. “Sekarang tuntutan internasionalisasi itu tinggi, dimana adik-adik mahasiswa baru akan lulus dan bersaing dengan lulusan akuntansi universitas luar negeri,” ujar Ibu Zuhrotun. “Ikuti program dari akuntansi seperti, sertifikasi internasional dan dual-degree internasional. tambah Ibu Zuhrotun. 


Penulis: Sepiani, Nazwa, Sania

Editor: Sania


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama