Jarak Tak Menjadi Penghalang

 


Yogyakarta - Jarak tak jadi penghalang untuk belajar. Ungkapan ini cukup menggambarkan mahasiswa baru di kampus kita. Di antara mahasiswa baru tersebut, kami bertemu dengan Ageng Zaya Awal Lando dan Muhammad Syakur yang berasal dari Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Ageng sendiri diterima di Program Studi Hubungan Internasional sementara Syakur diterima di Program Studi Teknik Pertambangan. 


Syakur bercerita, ia diterima di program studi Teknik Pertambangan melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang menggunakan nilai rapor sebagai indikatornya. Pada hari pertama PKKBN UPNY 2022, persiapan yang dilakukan oleh mereka adalah dengan mempersiapkan diri serta mengerjakan penugasan yang telah diberikan yaitu pembuatan buku ceria yang berisi mengenai data diri dari teman satu gugus mereka. Dari kegiatan yang berjalan, mereka berkata yang paling berkesan adalah pada saat ice breaking, serta saat penyampaian materi karena hal yang disampaikan cukup menarik bagi mereka.  Pindah dari Muna ke Yogyakarta Syakur mengaku masih cukup sulit untuk beradaptasi. Hal ini juga berimbas pada pengerjaan tugas PKKBN yang menjadi terhambat. Bahkan mereka juga mengaku dalam proses pengerjaan tugas tersebut sampai harus tidur larut malam. Selain itu, pemberian informasi yang dilakukan secara online juga menyebabkan informasi yang ada kurang tersampaikan. 


Walau masih cukup sulit untuk beradaptasi, mereka mengaku juga tetap senang karena mendapat teman baru dan mendapat pelajaran untuk bisa beradaptasi di lingkungan baru. Ia juga berharap semoga dapat selalu menjaga kekompakkan dengan teman-temannya.



Penulis : Alif Bayu Nugraha

Editor : Azahra Dita Pramesti




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama