Bongkar Rahasia Sang Juara Porsimnas Wimaya



Yogyakarta – Vocalista Paradisso UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil meraih juara 1 Porsimnas Wimaya 2022 kategori Paduan Suara dan Pesperawi. Porsimnas Wimaya (Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah Mahasiswa Nasional Widya Mwat Yasa) adalah sebuah ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh tiga UPN, yaitu UPN "Veteran” Yogyakarta, UPN “Veteran” Jawa Timur, dan UPN “Veteran” Jakarta.

Sebagai pengurus Vocalista Paradisso, mereka mengaku senang bisa memenangkan ajang Pekan Seni yang digelar di UPN “Veteran” Jakarta tahun ini. Ajang Porsimnas menjadi ajang pertama yang digelar secara offline setelah pandemi dan sebelum event Bali International Choir Festival. Porsimnas di Jakarta ini menjadi langkah awal bagi Vocalista Paradisso untuk memulai kembali lomba offline setelah tertunda selama dua tahun belakangan ini.

Vocalista Paradisso memulai latihan untuk Porsimnas yaitu pada bulan Maret hingga April 2022. Seperti yang dikatakan oleh Yebe selaku Koordinator Divisi Pelatihan dan Pengembangan Vocalista Paradisso, latihan diadakan dengan sistem kontinuitas, artinya persiapan untuk lomba di Porsimnas Wimaya ini sudah dilakukan jauh sebelum lomba-lomba yang diikuti hingga Konser Pamit.

Adapun dua lagu yang berhasil dibawakan oleh Vocalista Paradisso pada ajang Porsimnas kategori Paduan Suara, yaitu Mars Bela Negara dan satu lagu daerah asal Filipina berjudul 'Kruhay'. Untuk kategori Pesperawi atau Pesta Paduan Suara Gerejawi, Vocalista Paradisso membawakan salah satu lagu rohani Kristen hasil karya komposer dari Amerika Serikat.

Kostum yang dipakai oleh Vocalista Paradisso merupakan kostum inventaris internal organisasi yang diwariskan dari kepengurusan sebelumnya. Berdasarkan keterangan Rigen selaku Koordinator Kostum dan Make Up Vocalista Paradisso mengaku cukup kewalahan dalam hal penataan hairdraw. Terlebih jumlah kontingen perempuan lebih banyak dari pada laki-laki, yaitu sebanyak 19 orang perempuan dari 30 orang jumlah keseluruhan. Tak hanya itu, lomba perdana offline ini cukup menantang bagi Vocalista Paradisso karena belum pernah merasakan vibes lomba yang ditonton langsung oleh para juri dan tamu yang hadir.

Vocalista Paradisso punya hal menarik untuk menghilangkan demam panggung, Krisan selaku ketua umum mengatakan bahwa kelompok paduan suara ini sering menghadiri try out mengisi persembahan di gereja hingga mengadakan Konser Pamit untuk melatih mental tampil di depan orang banyak.

Ajang Porsimnas Wimaya ini juga diikuti oleh anggota baru yaitu angkatan 2021 yang baru berkiprah di dunia paduan suara selama satu tahun. Meski begitu, teman-teman senior turut membantu dan sama-sama belajar agar semakin berkembang lebih baik lagi.

Vocalista Paradisso selaku UKM yang ada di UPN “Veteran” Yogyakarta juga turut aktif memberikan kontribusi memeriahkan PKKBN 2022. Mereka akan tampil pada 17 Agustus 2022 dengan lagu-lagu yang sudah tidak sabar untuk didengar. Dengan tampilan mereka besok diharapkan banyak mahasiswa baru angkatan 2022 yang tertarik dengan Vocalista Paradisso untuk saling belajar, berproses bersama, dan meraih prestasi untuk kemajuan Vocalista Paradisso.

Adapun pesan yang disampaikan oleh Krisan, ketua umum Vocalista Paradisso untuk mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta, “jangan ragu untuk memilih UKM apapun, gak perlu ragu juga untuk gak bisa berkembang di VP, jadi kita belajar bersama-sama, jangan takut kalo gak bisa.”

 

Penulis: Dwi Yuliyanti

Editor: Atriken Natasha

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama