PKKBN Jurusan: Mengulik Kegiatan PKKBN Jurusan Akuntansi FEB UPNVY

suasana PKKBN Jurusan Akuntansi


Yogyakarta - Setelah serangkaian kegiatan PKKBN universitas dan fakultas, kini giliran kegiatan PKKBN jurusan untuk melengkapi serangkaian acara PKKBN di UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. Jurusan Akuntansi salah satunya. PKKBN jurusan yang dijadwalkan pada tanggal 16 Agustus 2022 berlangsung dengan menyenangkan. Setelah 2 tahun lamanya diadakan secara daring PKKBN Akuntansi kali ini diadakan secara luring di kampus UPN "Veteran" Yogyakarta yang bertemakan “Sinergi Akuntansi Membangun Negeri” yang memiliki maksud sendiri yaitu teman-teman mahasiswa yang berbeda-beda dari suku, budaya, agama dan adat yang bisa menjadi satu tujuan di PKKBN kali ini. 

Persiapan PKKBN ini dilakukan selama 2-3 bulan yang diawali dengan memilih ketua pelaksana dengan cara pemungutan suara oleh mahasiswa akuntansi 2020. Ketua HIMASI Mustaqim Huda dan Sekretaris Jenderal Febry Febriawan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini karena panitia sendiri mengikuti PKKBN secara online tapi mampu mensukseskan acara PKKBN Jurusan Akuntansi ini sesuai dengan yang direncanakan. Ia juga menyampaikan empatinya meskipun para panitia kerja keras sampai malam dan melaksanakan kegiatan di pagi hari. Ketua HIMASI juga bersyukur banyak antusias dari mahasiswa akuntansi sendiri yang ingin bergabung mensukseskan dan menyambut mahasiswa baru akuntansi 2022 dan ia mengharap hal-hal seperti ini akan dipertahankan kedepannya untuk tetap mengutamakan kebersamaan.

Dalam pelaksanaannya suatu kegiatan pasti memiliki kendala, kendala utama dalam PKKBN Jurusan Akuntansi sendiri yaitu tidak adanya ruang yang cukup untuk menampung mahasiswa baru akuntansi yang berjumlah sekitar 320  lebih mahasiswa yang mana jumlah mahasiswa baru tahun ini hampir 2 kali lipat daripada tahun sebelumnya. Hal ini kemudian disiasati dengan didirikannya tenda di taman FEB untuk keberlangsungan PKKBN Akuntansi. 

Kata Kasuh Tentang PKKBN Jurusan

Berdasarkan data kepanitiaan dari salah satu kakak asuh PKKBN Jurusan  Akuntansi UPNVY, Aghnanda Sanca, terdapat 20 gugus yang terdiri masing-masing 3 serda, divisi keamanan 38 orang,   Badan pengurus harian terdiri dari koordinator dan wakil koordinator dengan total sekitar 16 orang, divisi acara 8 orang, divisi konsumsi 21 orang, dan divisi kesehatan sekitar 15 orang. Divisi kesehatan sendiri berasal dari kerjasama KSR. Untuk perlengkapan yaitu divisi logistik terdiri 9 orang. Anggota divisi paling banyak terdapat pada keamanan dan serda. Setiap gugus terdiri sekitar 20 mahasiswa baru, tetapi rata-rata terdapat 2-3 mahasiswa baru yang tidak memiliki keterangan dalam absen per gugus. 

Aghnanda Sanca (kiri) bersama kadiv redaksi BPPM Kliring

Guna mensukseskan kegiatan PKKBN Jurusan ini, mahasiswa baru diberi tugas individu dan kelompok. Tujuan pemberian tugas PKKBN ini memiliki alasan tertentu seperti pada logo himasi yang merupakan himpunan akuntansi dan keluarga terkecil, dan memberikan pemahaman detail arti pada logo himasi dan korsa. Kemudian, jargon dan sumpah mahasiswa yang disampaikan oleh serda kepada anggota gugus, dari atasan atau ketua untuk mengajarkan mars bela negara dan mars jurusan akuntansi. Pemberian tugas ini tentunya memiliki dasar alasan yang tidak sia-sia. Untuk tugas kelompok dikerjakan pada suatu tempat dan rata-rata dikerjakan offline, seperti membuat video, pemahaman logo himasi, dan yel-yel kelompok. Untuk tugas individu pun juga tetap dikerjakan kelompok atau bersama-sama.

Persiapan PKKBN jurusan Akuntansi yang dilaksanakan setelah PKKBN Fakultas, dimulai terkait dengan pembagian nama mahasiswa baru  pada setiap gugus yang rilis pada hari sabtu (13/08).

Untuk mengantisipasi mahasiswa baru dengan riwayat penyakit, panitia memberikan tanda kepada mahasiswa baru berupa pita pada ikatan lengan, pita hijau untuk mereka yang mempunyai riwayat penyakit ringan dan pita kuning untuk mereka yang mempunyai riwayat penyakit berat. 

Harapan Ketua Pelaksana Untuk PKKBN Kedepannya

Ketua Pelaksana PKKBN Jurusan Akuntansi 2022, Aditya Septian Nugraha, mengatakan Mahasiswa baru Prodi Akuntansi tahun ini sekitar 327 mahasiswa. Ia juga menyebutkan PKKBN Jurusan Akuntansi kali ini diampu 223 orang dengan 12 divisi. 12 Divisi tersebut diantaranya, sekretaris, bendahara, acara, kesekretariatan, humas, transportasi, logistik, keamanan, lapangan, kesehatan.

Aditya mengatakan para panitia menyambut mahasiswa baru dengan bersemangat walaupun harus begadang dan berangkat ke kampus pada pagi buta. Dengan masa transisi PKKBN daring ke luring hal ini menjadi tantangan tersendiri karena para panitia sendir harus aktif menggali informasi tentang PKKBN luring kepada kayak tingkat. Aditya mengakui hal itu merupakan tantangan yang seru. Secara keseluruhan acara berjalan sesuai rencana. Beberapa mahasiswa memang ada yang izin dikarenakan kondisi yang kurang fit, tetapi untuk keseluruhan acara berjalan sukses dan mahasiswa tampak antusias. 

"Harapan saya PKKBN kedepannya lebih besar, bagus, dan lebih meriah lagi dibanding sekarang. Saya ingin adik-adik saya merasakan apa itu kekeluargaan, kebersamaan, tanpa perbedaan." ujar Ketua Pelaksana PKKBN Jurusan Akuntansi tahun ini.


Penulis : Nanda Wahyu, Rika Centani Sukma, Ghefira Alfahia

Editor : Azahra Dita Pramesti


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama