Komunikasi dan Koordinasi Menjadi Kunci Keberlangsungan PKKBN EP 2022

 

suasana PKKBN Ekonomi Pembangunan

Yogyakarta - PKKBN jurusan Ekonomi Pembangunan telah berlangsung pada Selasa, 16 Agustus 2022 di ruang Manajemen Dasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta. Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana, Ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan dan Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan.

PKKBN Ekonomi Pembangunan 2022 mengusung tema “Forming Contribution Through Innovation” yang diharapkan PKKBN ini dapat menjadi pijakan awal mahasiswa baru untuk menyatukan inovasi sehingga bisa berkontribusi dan mampu memberi makna untuk sekitar. Konsep PPKBN EP 2022 ingin lebih mengenalkan Ekonomi Pembangunan terkait kegiatan akademiknya dan mengenalkan culture EP lebih dalam lagi kepada Wimada EP 2022.

PKKBN jurusan Ekonomi Pembangunan kali ini diisi materi “EP Class” yang membicarakan tentang kegiatan akademik yang ada di Ekonomi Pembangunan. Ada beberapa dosen yang menyampaikan materi “EP Class” diantaranya yaitu Ibu Sri Rahayu Budi Hastuti sebagai Ketua Prodi S1, Bapak Jamzani Sodik selaku Ketua Umum Jurusan Ilmu Ekonomi, dan Ibu Diah sebagai Ketua Program Studi S2. Tak hanya itu, acara PPKBN jurusan EP ini juga diselingi dengan ice breaking agar Wimada 2022 tidak merasa jenuh dan bosan. Acara berlanjut dengan sesi “EP Talk” yang diisi oleh alumni-alumni jurusan Ekonomi Pembangunan, salah satunya Mbak Tina (Angkatan 2013) yang saat ini bekerja di Dinas Sosial Sleman. Kemudian acara dilanjutkan dengan ishoma dan penampilan band akustik. Setelah jeda beberapa menit ada pengenalan Organisasi Kemahasiswaan Himasepa dan RED, kemudian ditutup dengan Awarding.

Panitia PKKBN jurusan Ekonomi Pembangunan berjumlah 77 orang dan 40 orang diantaranya pengurus inti yang berasal dari pengurus Himasepa maupun KM Ekonomi Pembangunan.  Susunan kepanitiaan tahun ini terdiri dari divisi acara, keamanan, humas, konsumsi, kakak asuh, dan perlengkapan. "Kinerja panitia masih lumayan oke, masih on time meskipun masih perlu diingatkan kembali," jelas Aulia sebagai ketua himpunan yang juga menjabat sebagai pengawas PKKBN Ekonomi Pembanguan.

Jumlah Wimada Ekonomi Pembangunan 2022 ada 143 mahasiswa yang terbagi menjadi 14 gugus, sehingga masing-masing gugus berisi sekitar 12 hingga 14 anak. Adapun setiap gugus juga didampingi oleh dua orang kakak asuh dari panitia.

Veni Listyaningsih selaku ketua pelaksanaan menuturkan "ada dua hal terpenting untuk membangun kepanitiaan, yaitu komunikasi dan koordinasi. Komunikasi yang baik tentu acara akan berjalan dengan baik. Koordinasi yang baik juga akan terbangun dengan adanya komunikasi yang baik," tuturnya. Adapun kendala peralihan dari online ke offline jadi masih ada keterlambatan waktu dalam melaksanakan kegiatan tetapi masih dapat ditangani. Aulia, Ketua Himpunan EP mengatakan harapan di akhir sesi wawancara, “semoga di tahun depan ada improve yg lebih menarik lagi dari panitia, semoga apa yang ditanamkan di kepanitiaan tahun ini bisa di-improve oleh panitia PPKBN EP tahun depan.”

 

Penulis : Dwi Yulianti

Editor : Elok Hilda Amani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama