Encourage : Pameran HUT Fotkom401 Ke-21





Bantul – Di hari jadi Fotkom yang ke-21 ini, Fotkom menggelar sebuah pameran seni yang bertajuk “Encourage” di Pendhapa Art Space Gallery di Sewon, Bantul selama 3 hari yaitu tanggal 8-10 April 2022. Yang merupakan pameran ke 2 di tahun 2022 ini.

Encourage” diambil dari kesepakatan semua pameris, “kalau tema itu jadi kesepakatan semua pameris, jadi misalnya satu orang itu punya tema apa gitu, nanti disetujuin yang sekiranya masuk gitu. Jadi dari semua tema itu dikerucutin jadi satu apa yang paling lengkap dan cocok,” tutur Dziki selaku ketua Fotkom401.

Terdapat 19 pameris yang memamerkan karyanya dengan berbagai macam tema yang tentunya mempunyai maknanya masing masing yang tertulis di samping karya. Jadi, pengunjung bisa membaca dan ikut memahami apa arti dari karya tersebut. Seperti penuturan Desi mengenai filosofi karyanya, selengkapnya bisa klik disini.

Sebelum dipajang, karya akan diseleksi oleh para kurator (orang bertugas untuk memilih dan mengurus objek museum atau karya seni yang dipamerkan) apakah karya ini sudah masuk konsep yang ditentukan dan sudah layak untuk dipamerkan? Lalu setelah itu baru penentuan media cetak apa yang cocok untuk karya tersebut. Jadi, tidak sembarang karya bisa masuk lho guys.



Untuk medianya sendiri tidak melulu yang hanya bisa dipajang di tembok, ada yang digantung menggunakan media kain dan ada juga karya yang menggunakan media digital seperti proyektor.

Memakan waktu 3 bulan untuk persiapan dan finishing 1 hari sebelum pameran dimulai, “Encourage” menarik cukup banyak pengunjung yang berasal dari luar mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta karena memang pameran ini terbuka untuk umum dan tanpa HTM.

Selamat Ulang Tahun untuk Fotkom yang ke-21.


Penulis : Azahra Dita Pramesti


Encourage : Pameran HUT Fotkom401 Ke-21 Encourage : Pameran HUT Fotkom401 Ke-21 Reviewed by Admin on April 14, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.