Kenali Perbedaan Hari Bank Indonesia dan Hari Lahir Bank Indonesia


Gedung Bank Indonesia

Sumber: Anadolu Agency

Bank Indonesia merupakan bank sentral Indonesia yang bertugas untuk menjaga kestabilan nilai mata uang rupiah dan stabilitas sistem keuangan, serta mengawasi kegiatan perbankan di Indonesia. Tanggal 5 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bank Indonesia sesuai dengan Pasal 23D UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia.

Sejarah mengenai asal mula diperingatinya Hari Bank Indonesia pada tanggal 5 Juli ini berkaitan dengan berdirinya Bank Negara Indonesia (BNI). Pada tanggal 5 Juli 1946, Indonesia mendirikan Bank Nasional Indonesia sebagai bank sentral Indonesia. BNI merupakan bank pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah Belanda memiliki kembali De Javasche Bank.

Sebelum dilakukannya pendirian BNI, Indonesia membentuk Yayasan Pusat Bank Indonesia. Selanjutnya dilakukan peleburan terhadap yayasan tersebut, dan peristiwa ini menjadi asal diperingatinya Hari Bank Indonesia pada tanggal 5 Juli.

Pada tahun 1949, saat Konferensi Meja Bundar dilakukan, terjadi kesepakatan antara Pemerintah Belanda dan Pemerintah Indonesia bahwa fungsi dari Bank Negara Indonesia diubah, dari sebelumnya sebagai bank sentral, menjadi bank umum serta mengubah tujuannya menjadi pembangunan ekonomi. De Javasche Bank diubah menjadi Bank Indonesia dan difungsikan sebagai bank sentral. Pada tanggal 1 Juli 1953, pemerintah Indonesia melakukan nasionalisasi terhadap De Javasche Bank dan mengubahnya menjadi Bank Indonesia, yang kemudian disahkan sebagai bank sentral Republik Indonesia.

Bank Indonesia memiliki fungsi dasar, yaitu kebijakan moneter, kebijakan perbankan, serta memperlancar sistem pembayaran, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1953. Oleh karena itu, tanggal 1 Juli diperingati sebagai hari lahirnya Bank Indonesia.

Hari Bank Indonesia dan Hari Lahir Bank Indonesia tentu berbeda, apabila dilihat dari riwayat sejarah yang menjadi cikal bakal diperingatinya kedua hari besar tersebut. Hari Bank Indonesia diperingati setiap tanggal 5 Juli, yang bermula dari didirikannya Bank Negara Indonesia yang menjadi bank pertama milik Indonesia setelah kemerdekaan. Sedangkan Hari Lahir Bank Indonesia diperingati setiap tanggal 1 Juli, yang bermula dari peristiwa disahkannya Bank Indonesia sebagai bank sentral Republik Indonesia.

Perbedaan asal mula diperingatinya Hari Bank Indonesia dan Hari Lahir Bank Indonesia disebabkan oleh perbedaan sejarah dari kedua hari besar tersebut. Hari Bank Indonesia berasal dari riwayat sejarah Bank Negara Indonesia yang sebelumnya difungsikan sebagai bank sentral Indonesia, namun kemudian diubah menjadi bank pembangunan. Sementara Hari Lahir Bank Indonesia berasal dari riwayat Bank Indonesia yang sebelumnya bernama De Javasche Bank. Terjadi nasionalisasi dan penggantian nama menjadi Bank Indonesia, serta disahkan sebagai bank sentral Indonesia, menggantikan peran Bank Negara Indonesia sebagai bank sentral sebelumnya.

 

Penulis: Ritma Septiana Nur Cahyani

Editor: Otviani Ntaba

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama