Content Creator: Profesi Baru yang Menjanjikan


(source : pinterest)


Kliring.com - Era teknologi yang semakin berkembang telah membawa banyak hal dan pembaruan yang masuk ke dalam hidup kita. Salah satunya adalah mengenai profesi baru yang menarik perhatian. Salah satu profesi baru yang akhir-akhir ini populer dan sedang digemari banyak orang yaitu content creator. Suatu profesi dimana seseorang menciptakan dan memberikan ide-ide atau konten melalui platform online. Munculnya aplikasi dan platform online memudahkan seseorang untuk melahirkan karya-karya terbaik mereka. Dengan menyalurkan karya atau kemampuan editing, hal ini dapat mengasah kemampuan seseorang untuk menjadi content creator. Hadirnya content creator di era digital ini, dinilai sangat membantu bagi banyak orang, khususnya pebisnis dalam mempromosikan usahanya. Berbagai ide dapat disalurkan oleh content creator dengan memanfaatkan media untuk menyalurkan konten yang ingin disampaikan. Selain itu, mereka juga dapat membangun komunitas, memperoleh pendapatan melalui kegiatan online, dan memanfaatkan kesempatan karir yang berkaitan dengan konten yang dibuat.


Apa itu Content Creator?

Content creator merupakan seseorang yang menciptakan dan menghasilkan berbagai jenis konten yang bermanfaat, informatif maupun menghibur. Tujuan utamanya adalah menarik audiens dengan menggabungkan kreativitas dan pengetahuan mengenai teknologi di dalamnya. Tak hanya itu, mereka juga dapat berinteraksi dengan audiens melalui fitur komentar yang tersedia. Pengetahuan dalam menjadi seorang content creator pun turut diperlukan. Tidak hanya dalam teknologi saja, melainkan terkait bagaimana seseorang memainkan kreativitas agar konten tersebut dapat dilihat banyak orang. 


Content creator dapat bekerja di berbagai platform atau media online seperti TikTok, Instagram, Youtube, Spotify maupun media online lainnya. Konten-konten yang dibuat tentunya sangat beragam seperti video, foto, ilustrasi, audio ataupun kombinasi dari berbagai bentuk tersebut tergantung dengan tujuan dari pembuatan kontennya.


Peluang Content Creator di Era Digital.

Digitalisasi membawa banyak perubahan baru terhadap masyarakat. Digitalisasi ini membawa peluang yang besar dan menjanjikan bagi seorang content creator. Hal ini berkaitan dengan adanya kegiatan secara online yang dapat dilakukan dari rumah, mulai dari hiburan sampai kegiatan belanja itu semua dapat dilakukan secara online. Tentunya untuk mempromosikan dan menginformasikan hal tersebut terdapat campur tangan yang besar dari seorang content creator

Content creator dapat memanfaatkan platform e-commerce untuk menjual produk fisik atau digital yang berkaitan dengan konten mereka. Selain itu terdapat pula beberapa peluang atau prospek bagi seorang content creator seperti:

  1. Live streamer, dengan memuat konten berbasis video yang dapat berinteraksi langsung dengan audiens dan memberikan pengalaman secara real time. Kegiatan ini dapat berupa vlog, tutorial, review produk, maupun hiburan lainnya. Promosi untuk konten ini dapat dilakukan di platform seperti TikTok, Youtube, Instagram dan lainnya yang mendukung fitur ini.

  2. Blogger, kemampuan content creator dapat dimanfaatkan dengan menuangkan tulisan-tulisan yang dibuatnya dengan artikel informatif maupun menghibur dalam sebuah situs web berupa blog. Blogging dapat memberikan kebebasan bagi seorang content creator untuk menuangkan idenya dan mengkombinasikannya dengan kreativitas untuk menarik para pembaca.

  3. Podcasting, siapa sih yang tidak suka hal ini? Podcasting menjadi suatu fenomena yang kian populer terutama bagi kalangan remaja menuju dewasa. Biasanya seseorang dapat menuangkan pikirannya melalui audio. Namun, beberapa ada yang mengkombinasikan dengan video. Podcasting mengangkat topik pembahasan yang menarik seperti diskusi, cerita pengalaman hingga ke pembahasan pembelajaran. Platform yang populer untuk melakukan podcast saat ini yaitu Spotify.


Hal Penting yang Perlu Dilakukan Untuk Menjadi Content Creator.

Untuk menyelami profesi content creator tentunya perlu pengetahuan yang mendalam mengenai profesi ini. Selain keterampilan mengenai teknologi, terdapat banyak hal yang perlu diketahui untuk menjadi seorang content creator termasuk langkah awal untuk menjadi content creator. Namun, kalian tidak perlu risau, walaupun masih pemula kesempatan untuk sukses menjadi content creator tetap ada. Maka dari itu, yuk simak selengkapnya mengenai hal penting yang perlu dilakukan untuk menjadi content creator.


  1. Menentukan minat dan spesialisasi, hal pertama dan penting dilakukan untuk memulai langkah awal yaitu dengan melihat minat dan spesialisasi yang ingin difokuskan dalam membuat konten. Spesialisasi yang dapat diciptakan dapat beragam sehingga perlunya menentukan minat atau arah mengenai untuk apa konten kita dibuat.

  2. Riset mengenai audiens juga sangat diperlukan untuk mengetahui target konten tersebut. Terdapat beragam jenis audiens dalam suatu platform online. Kreativitas dan pemahaman seorang content creator disini sangat diperlukan untuk mengetahui apa saja yang diminati dan dibutuhkan audiens agar dapat menghasilkan konten yang tepat sasaran.

  3. Riset platform, banyaknya media online yang dapat digunakan perlu ditinjau kembali mengenai kesesuaian konten yang akan dibuat dengan mayoritas audiens yang memakai platform tersebut. Namun, jangan terfokus hanya pada satu platform, gunakan juga platform yang tersedia. Dengan banyaknya platform yang ada, seorang content creator juga harus dapat berpikir bagaimana menghasilkan konten yang multi-platform.

  4. Pengetahuan mengenai traffic platform turut menjadi hal yang perlu disoroti, pasalnya hal ini dapat berpengaruh terhadap jumlah audiens dari konten tersebut. Content creator wajib memahami dan memanfaatkan metode SEO atau Search Engine Optimization untuk meningkatkan traffic website atau media sosial yang digunakan guna menjangkau banyaknya audiens dan konsumen.

  5. Update terhadap tren yang ada, tentunya dengan adanya perkembangan teknologi membuat kita harus selalu update mengenai hal-hal baru di sekitar kita dengan melihat apa saja sih yang sedang tren atau hits pada saat itu.


Untuk menciptakan konten yang sukses dan sesuai, tentunya hal yang sangat perlu disoroti yaitu content creator harus dapat konsisten dalam menghasilkan konten yang menarik, mampu beradaptasi dengan perubahan tren, memahami algoritma platform, dan membangun hubungan yang kuat serta positif dengan audiens mereka.


Penulis: Irna Aryani

Editor: Sania Rintis Adristi


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama