Menilik Acara Seminar and Expo #1: Study Abroad Starter Pack oleh Kantor Urusan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta

Peserta seminar menyimak penjelasan narasumber dengan serius. Dokumentasi pribadi OIA UPN “Veteran” Yogyakarta.

Yogyakarta Seminar dan Expo yang mengusung tema Study Abroad Starter Pack telah sukses dihelat oleh Kantor Urusan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta pada Sabtu (11/02/2023). Kegiatan yang berlokasi di ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN “Veteran” Yogyakarta ini merupakan kegiatan seminar pertama yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta.


Kantor Urusan Internasional atau yang biasa disebut sebagai Office of International Affairs (OIA) milik UPN “Veteran” Yogyakarta telah sukses menyelenggarakan acara seminar pada Minggu, 11 Februari 2023 lalu. Dengan mengusung tajuk Seminar and Expo #1: Study Abroad Starter Pack, kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan pemaha man kepada hampir 80 mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta mengenai hal yang berkaitan dengan topik belajar di luar negeri, seperti beasiswa LPDP dan IISMA, cara membangun CV dan essay yang baik, serta pengalaman pembicara untuk beradaptasi secara cepat di negara lain.


Kegiatan yang dibuka dengan sambutan Dr. Ir. Rukmowati Brotodjojo dan Dr. Ir. Suharsono, M.T. selaku kepala OIA UPN “Veteran” Yogyakarta dan Wakil Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Bidang Akademik ini diselenggarakan karena melihat tingginya animo mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta untuk menuntut ilmu di negara lain, terutama dengan adanya salah satu program Merdeka Belajar yang memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk dapat belajar di luar negeri. Tak dapat dipungkiri, ketika mendaftar program beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu untuk mahasiswa ketahui. Dengan adanya program ini, mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri serta memahami topik yang harus dipelajari ketika akan mengikuti suatu program beasiswa.


Kegiatan ini terbagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, peserta seminar diberikan pemahaman mengenai pengalaman belajar di luar negeri beserta dengan sedikit tips dan trik yang dipaparkan oleh Suseno Mahardiko, M.Ed. Berlanjut dengan sesi kedua, peserta diberikan pemaparan mengenai program Indonesian International Student Mobility Awards atau yang biasa dikenal sebagai program IISMA. Di sesi kedua ini, peserta juga dapat mendengarkan pengalaman beberapa IISMA Awardees, yakni Dinasti Hanggara Praja, Annisa Somaningtyas, Alfa Aditya Wicaksono, dan Amelia Dinda Savitri mengenai persiapan mereka untuk mendaftar program IISMA, kesulitan yang dihadapi dan cara mengatasinya, serta pengalaman mereka berada di negara lain.


Seminar perdana dari OIA UPN “Veteran” Yogyakarta ini juga memfasilitasi peserta dengan menyediakan tenant yang berkaitan dengan kebutuhan persiapan belajar di luar negeri. Peserta dapat mencari informasi mengenai lembaga tes bahasa Inggris yang sesuai, jenis tes yang diperlukan, serta lembaga untuk mempelajari bahasa asing seperti bahasa Belanda. Selama waktu istirahat, para peserta seminar terlihat aktif mendatangi tenant untuk mendapatkan informasi yang mereka perlukan berkenaan dengan kelas intensif bahasa asing dan tes kemampuan bahasa Inggris.


Para peserta seminar aktif mencari informasi mengenai kursus bahasa asing dan konsultan studi luar negeri. Dokumentasi pribadi OIA UPN “Veteran” Yogyakarta.


Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini kemudian ditutup dengan sesi berbagi pengalaman tinggal di luar negeri oleh Oktarian Wisnu Lusantono, ST, M.Eng. dan Ahmad Rif’an Khoirul Lisan, SP, M.Sc. Sesi ini berfokus menceritakan pengalaman pembicara ketika menempuh studi di luar negeri dan bagaimana cara mereka beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Tak lupa, kedua narasumber tersebut pun menyampaikan kiat-kiat bagi para mahasiswa mengenai cara beradaptasi dengan cepat dan membiasakan diri dengan lingkungan yang baru.

 

Penulis: Oki Tsany Nur Hanifah

Editor: Dwi Yuliyanti

 





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama