CBIS Bermasalah, Mahasiswa Resah!

 


Memasuki semester genap TA 2022/2023, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN ‘Veteran’ Yogyakarta melaksanakan input mata kuliah. Penginputan Kartu Rencana Studi (KRS) dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa melalui sistem CBIS (Computer Base Information System) pada tanggal 17 hingga 18 Januari 2023. 

 

‘War’ KRS sudah menjadi ‘tradisi’ tiap semester. Bukan hal baru bagi mahasiswa FEB untuk berlomba-lomba memilih mata kuliah, dosen, dan jam kuliah sesuai keinginan. Namun lagi dan lagi, sistem CBIS dinilai kurang memadai untuk memfasilitasi mahasiswa.


Jika kita menengok ke belakang, tepatnya di semester ganjil lalu, banyak sekali permasalahan yang dihadapi mahasiswa saat input KRS. Mulai dari server eror, kesulitan akses, mata kuliah tidak muncul, mata kuliah yang hilang secara tiba-tiba dari jadwal kuliah yang sudah diinput, hingga perbedaan jadwal mengajar dosen dengan yang tercantum di Buku Panduan Pendaftaran Kelas dan Perkuliahan dengan jadwal yang tertera di CBIS. 


Tidak ingin hal serupa terjadi, pihak pengelola CBIS melakukan perlakuan berbeda antara semester genap di tahun 2023 dengan semester ganjil di tahun 2022. Untuk menghindari server down, terdapat pembagian jadwal input untuk tiga program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prodi Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, melakukan input KRS pada tanggal 17 Januari 2023, sedangkan untuk Prodi Manajemen satu hari setelahnya, yaitu pada 18 Januari 2023.


Meski demikian, permasalahan baru pun muncul. Nyatanya pada tanggal 17 Januari 2023 input KRS untuk Prodi Manajemen sudah dibuka. Hal inilah yang mengakibatkan banyak kekacauan yang terjadi pada jadwal mahasiswa Manajemen. Tim BPPM Kliring telah mengkonfirmasi hal ini kepada Ibu Purbudi Wahyuni, M. M., selaku koordinator sistem CBIS untuk Prodi Manajemen. Beliau mengatakan bahwa memang terjadi ‘human eror’ di operator sistem CBIS. Alhasil untuk mengatasinya, pihak pengelola CBIS manajemen melakukan penghapusan seluruh mata kuliah yang telah terinput pada hari itu juga. Dan menjadwalkan penginputan KRS kembali pada keesokan harinya, 18 Januari 2023. 


Selanjutnya, sebagian besar mahasiswa FEB sudah bisa login akun CBIS tanpa terkendala server. Namun, kendala muncul berkaitan dengan mata kuliah. Dalam hal ini terjadi kesenjangan, ada beberapa mahasiswa yang sudah muncul mata kuliah yang ingin diambil, namun ada juga yang belum, padahal sudah menempuh matkul yang dipersyaratkan. Hal ini diduga karena adanya keterlambatan dalam input nilai di semester sebelumnya untuk matkul prasyarat.


Human eror dan kesenjangan ini disebabkan karena kekurangan sumber daya manusia yang mengurusi sistem telematika di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta. Ibu Purbudi mengungkapkan bahwa saat ini pimpinan pengelola CBIS pusat sedang sakit, sedangkan pengelola di fakultas maupun jurusan masih terbatas. Memang sudah ada upaya penambahan karyawan, namun masih CPNS dan belum memiliki kapasitas untuk hal ini.


Tak berhenti sampai disitu, sistem keamanan CBIS pun masih dipertanyakan. Ada sebagian mahasiswa yang kehilangan mata kuliah padahal tidak mengubah apapun di akun mereka. Hal ini diduga karena permainan hacker. Ibu Purbudi mengatakan, “ini bukan kapasitas kami di jurusan karena semua sistem terpusat, ketika ada hacker itu sudah kewenangan pusat, namun yang jelas dalam hal ini termasuk perkara hukum.”


Perkara input KRS memang selalu ada tiap tahun, bahkan tiap semester. Namun untuk mengatasinya bukanlah hal yang mudah. Pihak pengelola sistem CBIS pun masih berupaya mengembangkan dan meningkatkan layanan. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk menerima koreksi dan saran dari mahasiswa.


“Justru maju itu berani menerima koreksi dan harus berubah. Jadi yang berani berubah, menerima koreksi, masukan, bekerja sama, dan terus belajar, insyaallah kita akan menuju kebaikan,” tutur Ibu Purbudi mengakhiri sesi wawancara daring pada 21 Januari 2023 lalu.


Penulis: Dwi Yuliyanti

Editor: Atriken Natasha


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama