Seputar HIMASEPA




Yogyakarta-Aulia Taqiyya selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan dalam kesempatan ini memberikan gambaran tentang apa itu HIMASEPA, Himpunan Mahasiswa Jurusan/Program Studi merupakan Lembaga Eksekutif di Lingkup Jurusan/Program Studi. HMJ/HMPS biasanya memiliki program kerja yang disesuaikan dengan Jurusan/ Program Studinya tersebut. Selain itu, HMJ/ HMPS juga punya program rutin internal khusus untuk mahasiswa Jurusan/Program studi saja, seperti Pengkaderan dan Kaderisasi. HMJ/ HMPS juga memiliki fungsi koordinasi terhadap komunitas/ perkumpulan yang ada pada tiap Jurusan/Program Studi.

HIMASEPA periode 2022/2023 memiliki nama kabinet Lentera Gantari. Dalam filosofi nya, Lentera memiliki arti sumber cahaya atau penerangan yang melambangkan kebermanfaatan, kehangatan, dan kesederhanaan. Sedangkan Gantari berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti menyinari seperti matahari, yang diharapkan bermanfaat bagi banyak orang, seperti matahari yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh makhluk di bumi. Oleh karena itu, Lentera Gantari merupakan filosofi yang tepat untuk menggambarkan tekad dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan yang ingin memberikan kebermanfaatan, kehangatan dan kesederhanaan sehingga nanti nya dituangkan dalam berbagai hal dan diharapkan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Dalam pelaksanaannya HIMASEPA memiliki tujuh departemen, diantaranya yang pertama adalah departemen advokasi, merupakan departemen yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan mahasiswa dan menjadi jembatan aspirasi dari mahasiswa kepada pihak birokrasi. Departemen Kemahasiswaan adalah departemen yang berperan dalam membentuk serta meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa Ekonomi Pembangunan dalam aspek moral dan disiplin karakter. Departemen ketiga adalah litbang, yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai departemen yang berfokus pada pengembangan kemampuan dan penalaran mahasiswa untuk meningkatkan kualitas mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan sehingga tercipta lingkungan akademik yang kompeten dan dinamis. Departemen mikat, atau minat bakat adalah departemen yang berperan sebagai sarana bagi keluarga mahasiswa Ekonomi Pembangunan dalam menyalurkan dan mengembangkan potensi minat dan bakat non akademik di bawah naungan HIMASEPA. Guna menjalin hubungan luar HIMASEPA memiliki departemen yang dinamakan dengan hublu, yaitu departemen yang berperan dalam membawa nama baik Jurusan Ilmu Ekonomi Program Studi Ekonomi Pembangunan dan menjalin relasi yang baik dengan pihak-pihak luar jurusan dan kampus. Departemen Media Komunikasi dan Informasi atau medkominfo merupakan departemen yang menjadi wajah utama dalam memberikan gambaran mengenai HIMASEPA kepada pihak luar (eksternal). Medkominfo berperan sebagai penyambung informasi baik akademik maupun non-akademik antar keluarga mahasiswa ekonomi pembangunan dengan organisasi, keluarga mahasiswa dengan birokrasi, serta keluarga mahasiswa ekonomi pembangunan dengan keluarga mahasiswa lainnya, serta melakukan pendokumentasian kegiatan HIMASEPA. Departemen yang ketujuh adalah entrepreneur adalah departemen yang bertujuan membangun jiwa Entrepreneurship di kalangan masyarakat Ekonomi Pembangunan dan menjadi salah satu sumber pendanaan untuk kegiatan operasional HIMASEPA. 

HIMASEPA memiliki program kerja unggulan yang dinamakan dengan Grand Economic Development Exhibition atau GEDE. Gede pada tahun ini merupakan yang kedelapan, GEDE memiliki beberapa rangkaian acara diantaranya, yang pertama yaitu GEDE Social Project, merupakan kegiatan pengabdian yang diselenggarakan di daerah tertinggal, yang kedua yaitu GEDE Sport, merupakan lomba olahraga terbuka tingkat nasional, dan yang terakhir yaitu GEDE Seminar/ Webinar Nasional. Project besar lain dari HIMASEPA adalah rangkaian acara kaderisasi. 

Aulia Taqiyya selaku ketua himpunan mahasiswa ekonomi pembangunan bercerita bagaimana  jika ada salah satu proker yg terlewat atau tidak terlaksana, ia pun menjelaskan, "sebuah proker tentunya sudah dipikirkan jauh jauh hari. tetapi kalau mungkin proker yg terlewat itu tidak mungkin ya karena kami di awal periode sudah membuat timeline proker yg tentunya sudah dikontrol oleh DPM sendiri. kalau proker yg tidak terlaksana pastinya karena ada masalah yg tidak bisa diselesaikan, tentunya sebelum memutuskan jika proker tidak dapat dilaksanakan dilakukan rapat terlebih dahulu bersama orang orang yg terkait. walaupun kemungkinan terburuknya tidak dapat terlaksana tentunya menjadi evaluasi besar dan PR untuk periode ini dan periode depan juga," Paparnya. 

Dalam kepemimpinan tahun ini tentu saja terdapat tantangan yang harus dihadapi dalam kepemimpinan Aulia Taqiyya, karena periode ini merupakan periode transisi dari semua kegiatan yang dilakukan secara daring harus kembali berjalan secara luring, tentu saja tidak mudah untuk cepat bertransisi karena banyak sekali perubahan yang harus cepat diadaptasi, seperti mental, sikap, kebiasaan, serta etika berorganisasi. Hal-hal tersebut harus dimiliki oleh setiap anggota agar semua tetap berjalan dengan lancar sesuai program kerja yang telah disusun sebelumnya. 

Solidaritas tentu saja tidak muncul begitu saja, untuk meningkatkan solidaritas di himasepa, Badan pengurus harian membuat adanya piket rutin dari hari senin sampai jumat, yang dibagi menjadi beberapa kelompok dan diisi oleh staff dari semua departemen yang berbeda. selain itu setiap triwulan juga mengadakan acara yg diberi nama coaching staff, acara ini sendiri tidak saja berisi pembekalan materi kepemimpinan, dan berorganisasi saja tetapi juga ada sesi keakraban dan juga games keakraban. biasanya dilaksanakan 2 hari 1 malam. 

Menjadi ketua HIMASEPA bukanlah hal yang mudah, terdapat beberapa kesulitan dan kegembiraan tersendiri saat menjadi pengurus HIMASEPA. Ia mengungkapkan, "susah dan senangnya di himasepa sendiri mungkin banyak dan gabisa disebutin semua tapi aku rangkum menjadi beberapa aja. mungkin kalo susahnya itu, aku harus dengan cepat beradaptasi dengan berbagai macam karakter dan pemikiran banyak kepalaa yg mana gak gampang juga. kalo senengnya karena kekeluargaannya dapet banget, jadi pengurus himasepa itu beneran kayak keluarga yg kalo ada apa apa mereka selalu ada." Ungkapnya. 

Perempuan yang akrab disapa Mba Aul itu juga berpesan kepada teman teman HIMASEPA untuk selalu selamat dan semangat atas apa yang ada di depan kalian, disinilah tempat belajar untuk kalian. Carilah apa yang ingin kalian temukan. Jangan takut mencoba dan gagal. Karena yang paling penting itu bukanlah hasil akhirnya tetapi sebuah proses yang panjang. take the risk or lose the chance. Ia juga berharap untuk periode selanjutnya pertahankanlah apa yang sudah baik, tingkatkan apa yang dirasa belum baik. 


Penulis : Ida Ayu dan Elok Hilda
Editor : Azahra Dita

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama