Reguler vs MBKM, Kamu Pilih yang Mana?

 


Yogyakarta─ Senin, 15 Agustus 2022 merupakan PKKBN hari kedua yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, diisi dengan Pemaparan Peraturan Akademik dan Layanan Akademik yang dibawakan oleh Ibu Ida Ayu Purnama SE., M. Sc., selaku Moderator. Acara dimulai dengan sambutan hangat dari bapak Dekan FEB Dr. Drs. Sujatmika, M.Si dan dilanjutkan pemaparan peraturan akademik oleh wakil dekan I. Beliau menyampaikan fasilitas untuk luring sudah dipersiapkan dan semoga kuliah bisa dilaksanakan secara luring ke depannya.


Wakil Dekan I memaparkan mengenai penggunaan Spada Wimaya sebagai fasilitas pembelajaran elektronik. Beliau juga menyampaikan mengenai kurikulum di UPNVY yang menyediakan dua kurikulum pembelajaran, diantaranya secara reguler dan MBKM (Program Merdeka-Belajar Kampus Merdeka). Program reguler merupakan kegiatan belajar mengajar yang mengedepankan diskusi, belajar secara aktif-kreatif, serta mengembangkan potensi soft skill dan hard skill. Sedangkan, Program MBKM yaitu program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Program Reguler bisa diambil oleh seluruh mahasiswa, sedangkan Program MBKM bisa diambil oleh mahasiswa semester 3 hingga semester 5 ke atas.  


Berbeda dengan program reguler, di dalam program MBKM ini menyediakan program menarik, diantaranya IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards), Magang, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar, Studi Independen, dan masih banyak lainnya. Baik program reguler maupun MKBM diwajibkan menempuh 144 sks untuk bisa lulus dari UPNVY. 


Berdasarkan wawancara kami bersama mahasiswa baru, mereka cukup tertarik dengan program MBKM, salah satunya IISMA yang merupakan program beasiswa dari pemerintah untuk studi di luar negeri selama 1 semester. Untuk mendaftar program MBKM ini, mahasiswa bisa langsung mendaftar melalui web Kampus Merdeka. Selain itu, mahasiswa juga bisa mendaftar lebih dari 1 program kemudian jika diterima dapat memilih yang diinginkan pula.



Penulis : Ghefira Alfahia
Editor : Elok Hilda Amani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama