MENUJU HARI AKHIR DARI PKKBN UPN VETERAN YOGYAKARTA

 


Mengintip Hari ke-5 PKKBN

Sudah hampir memasuki tahapan akhir PKKBN, dihari ke 5 ini BPPM Kliring berkesempatan untuk menanyai teman teman mahasiswa baru tentang kesan pesan PKKBN hari ke-5 ini.


Keisya dari Akuntansi, Naura dari Teknik Pertambangan, Nindya dari Teknik Metalurgi dan Fara dari Teknik Perminyakan menceritakan bagaimana hari ke-5 PKKBN berlangsung. PKKBN dimulai pukul 07.30 di gedung akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis dan satu gugus yang terdiri dari 77 Mahasiswa dibagi menjadi 3 kelas.


“Penyampaian materi tentang bela negara kak, sejarah UPN, visi misi UPN terus ada kuisnya juga, yang bener jawab kuis dapet 50 ribu. Tadi ada 4 orang yang bisa jawab bener,” Keisya juga menambahkan jika hadiah uang tersebut bisa dikirimkan melalui e-wallet seperti dana dan shopeepay. 


Nidiya dan Fara menyebutkan jika PKKBN hari ke 5 berlangsung seru, Naura sendiri mengharapkan semoga apa yang didapat hari ini berguna kedepannya, semakin tahu tentang UPN dan tetap semangat menjalani PKKBN.


Boy dari Hubungan Internasional dan Alif dari Geologi, juga membagikan cerita tentang bagaimana PKKBN hari ke-5 berlangsung. Mereka menuturkan sudah sampai di kampus pukul 6 pagi dengan persiapan membawa kertas folio untuk penugasan esai tentang kegiatan hari ke 5 yaitu penyampaian materi oleh dosen.



Dari beberapa materi yang disampaikan Boy memilih ‘bagaimana cara mencapai kesuksesan’ menjadi materi yang paling disukai “tadi ada dikasih tau tentang kesuksesan itu tidak selalu dari kepintaran tapi juga dari kedisiplinan kerajinan, kebiasaan/konsisten.” 


Selain materi bagaimana mencapai kesuksesan, mereka juga menuturkan jika ada penyampaian materi tentang bela negara, penggunaan media sosial dengan baik, faktor ancaman yang membuat pecah belah negara serta bagaimana mencegahnya.


Para mahasiswa baru juga diberi jeda ishoma sekitar satu setengah jam sebelum kemudian melanjutkan kembali kegiatan PKKBN yang berakhir pada pukul 4 sore.



Hari ke-6 PKKBN Seperti Apa?


Kegiatan PKKBN UPNVY telah  Tiba pada hari ke-enam, disini kami menemui teman-teman PKKBN Yaitu Sukma wanda hamidah dari Manajemen dan Fahreza meva dari Akuntansi. 


Kegiatan PKKBN UPNVY Jumat (19/08), memiliki rangkaian acara pengenalan kampus dan materi dasar bela negara dan pancasila. Kegiatan dimulai 07.00 WIB dengan pemberian materi, tugas essai, dan tanya jawab dasar bela negara dan pancasila oleh pembicara dari dosen UPNVY atau Dekan FEB, DR. Sujatmika, M.Si. Namun dalam  pemberian materi terdapat keluhan pada suara pembicara yang kurang terdengar jelas.Oleh karena itu  pembicara berinisiatif untuk  menyampaikan materi dengan berkeliling di dalam  ruangan agar suara yang disampaikan terdengar jelas 


"Tadi ada yang bilang suara tidak terdengar, akhirnya dosen mutar dalam ruang kelas" 


Setelah waktu pemberian materi selesai, dilanjutkan dengan rundown ishoma dan persiapan sholat jumat mulai 11.00 - 14.00 WIB. Setelah sholat jumat, dilanjutkan kegiatan pemberian materi baru dengan pembicara yang sama. Dan kegiatan PKKBN hari keenam berakhir.


Penulis : Azahra Dita P, Nanda Wahyu O

Editor : M. Fathur R, Mariezka H


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama