Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Diselenggarakan oleh BPPM Kliring




Yogyakarta – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar atau biasanya yang disingkat PTJD merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh BPPM KLIRING (Badan Penerbitan Pers Mahasiswa) yang merupakan salah satu organisasi pers dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta. Tema kali ini adalah "Berbagi Informasi dengan Akurasi Tingi.” Dikesempatan kali ini pembicaranya adalah Abdul Rozak, yang mana beliau adalah alumni dari jurusan Ekonomi Pembangunan dan juga alumni Pemred BPPM Kliring.

Beliau menyampaikan agar kita bisa menulis berita yang baik dan benar dengan menggunakan konsep 5W+1H yang kemudian susun 5W+1H tadi menjadi sebuah lead berita dalam satu paragraf agar pembaca yang membaca lead berita tersebut langsung memahami isinya, Setelah semua data terangkum dalam lead berita pertama, selanjutnya tinggal menuliskan 1H (how) pada paragraf kedua dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan apa saja yang perlu disampaikan kepada pembaca.

“Itu sangat penting karena dari PJTD ini anggota pers khususnya anggota BPPM Kliring mendapat ilmu dasar mengenai kejurnalistikan, yang mana ilmu kejurnalistikan ini akan diaplikasikan didalam maupun diluar organisasi BPPM Kliring. Selain itu PJTD ini mengasah kemampuan dan keahlian anggota mengenai dunia pers. Dan dari tema Berbagi Informasi dengan Akurasi Tinggi memberi banyak pengetahuan bagi anggota Kliring maupun mahasiswa/i FEB UPNVY tentang bagaimana mendapat sampai mempublikasikan informasi yang baik ditengah masyarakat,” tutur Atriken Natasha, selaku koordinator pelaksana PTJD BPPM Kliring.

Setelah penjelasan dari pemateri, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator, salah satu dari peserta ada yang bertanya “apabila narasumber bertele-tele saat menjawab pertanyaan dari pewawancara, bagaimana baiknya untuk merespon narasumber tersebut?”  yang kemudian dijawab oleh pemateri “apabila narasumber itu memang bertele-tele biasanya karena tidak menguasai bahan atau ada hal yang ditutupi dengan bertanya ulang lagi kepada narasumber atau dengan cara menarik benang merah dari apa yang disampaikan oleh narasumber.”

Moderator PTJD kali ini, Novi Vianita menuturkan kesan PTJD kali ini kurang antusias dari peserta, “aku bingung kenapa? Apa mungkin karena hari Sabtu? Pesan untuk PTJD berikutnya semoga kalo ada kegiatan seperti ini diharapkan semua nya bisa ikut meramaikan.”

 

Penulis : M. Fathur Rachman Rizky

Editor  : Azahra Dita Pramesti

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Diselenggarakan oleh BPPM Kliring Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Diselenggarakan oleh BPPM Kliring Reviewed by Admin on April 04, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.