Tuntut Keadilan, Puluhan PTY Turun Aksi


Kamis (27/4/2017) Sekelompok orang yang menamakan diri sebagai Forum Pegawai Tetap Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta melakukan aksi unjuk rasa di gedung Rektorat UPN “Veteran” Yogyakarta. Mereka menuntut kejelasan status kepegawaian Pegawai Tetap Yayasan (PTY) setelah 3 tahun penegerian UPN “Veteran” Yogyakarta. Ketidakjelasan status kepegawaian tersebut menyebabkan semakin menurunnya kesejahteraan PTY.
Dokumentasi pribadi

Beberapa permasalahan yang dihadapi PTY adalah (1) keterlambatan pemberian gaji hingga maksimal tanggal 10 setiap bulan berikutnya, (2) tidak samanya pemberian Tunjangan Kinerja (Tukin) Tenaga Kependidikan (Tendik) PNS yang diberikan penuh sementara PTY hanya diberikan 30%, (3) uang makan bagi PTY terancam tidak bisa dibayarkan karena belum adanya SK sebagai Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi PTY, (4) tidak adanya jaminan hari tua bagi PTY, (5) tidak samanya kesempatan berkarir bagi PTY Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, serta (6) belum ada STATUTA yang menjadi pedoman dasar bagi pengelolaan sebuah perguruan tinggi dan menjadi dasar hukum bagi kejelasan nasib dan karir PTY.
Berdasarkan berbagai ketidakpastian tersebut, Forum PTY Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta menyatakan sikap yaitu, (1) mendesak Kemenristek Dikti untuk segera menerbitkan SK pengangkatan sebagai pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi PTY, (2) mendesak Kemenristek Dikti untuk merevisi Permen no. 38 tahun 2016 yang hanya menempatkan PTY menjadi pegawai kontrak maksimal 4 tahunan, (3) mendesak pimpinan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta untuk transparan dalam penggunaan Dana Cadangan Khusus (DCK), (4) mendesak pihak-pihak terkait segera membuat dan mengesahkan STATUTA Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang menjamin keadilan dan kesamaan kesempatan dalam berkarir bagi eks PTY Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, (5) mendesak pimpinan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta untuk berdialog dan menjalin komunikasi dengan Kementrian Pertahanan RI untuk penyelesaian masalah PTY, (6) bila pihak-pihak terkait tidak mampu membuat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta setelah penegerian menjadi lebih baik dan tidak kunjung jelasnya status kepegawaian PTY dalam 2 bulan kedepan maka Forum PTY mendesak agar Kementrian Pertahanan RI mengambil alih kembali pengelolaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Hal ini mengingat hingga saat ini seluruh aset Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta belum diserahkan sepenuhnya oleh Kementrian Pertahanan RI.
Dokumentasi pribadi

Salah satu peserta aksi tersebut Ir. Lestanto Budiman M.Hum (Dosen Teknik Geologi) mengatakan, “aksi ini adalah lanjutan dari aksi-aksi sebelumnya di mana sebelumnya pernah menggelar aksi di DPR, lalu dilanjutkan aksi saat Hari Bela Negara. Dari latar belakang permasalahan setelah proses penegerian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta kami mendorong pihak universitas untuk sama-sama menyelesaikan permasalahan tersebut.” Beliau menambahkan , "pada saat proses penegerian ada salah satu prasyarat yang harus dipenuhi dan tidak akan terjadi penegerian tanpa tanda tangan kami semua. Yaitu kami dipaksa untuk bersedia tidak menjadi PNS. Kami menuntut status yang jelas kemudian mempunyai hak-hak yang sama dengan PNS,” pungkas beliau.
Sementara itu, Arif Rianto BN, ST.M.Si (Dosen Teknik Geologi) selaku Ketua Forum PTY Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta menjelaskan, “kita sudah menyampaikan pernyataan sikap ini dan sudah dilaporkan ke pimpinan terkait permasalahan status kepegawaian Pegawai Tetap Yayasan agar segera diselesaikan.”
Teks oleh : Reiza Faris Mustafa

Tuntut Keadilan, Puluhan PTY Turun Aksi Tuntut Keadilan, Puluhan PTY Turun Aksi Reviewed by Admin on April 29, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.