Meningkat 30%, Antusiasme Peserta PJTD Dinilai Membaik

 

Sumber: Dokumentasi Panitia


Yogyakarta, Kliring.com – Pelatihan Dasar Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang merupakan program kerja kedua dari divisi PSDM BPPM Kliring telah rampung dilaksanakan (25/03/2023). Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, acara ini dilangsungkan secara daring melalui zoom meeting. Acara ini diikuti oleh 39 peserta, meningkat 30% dan dinilai sangat membaik dibanding tahun sebelumnya. Dengan mengusung tema “Menumbuhkan Keberanian Melalui Sebuah Tulisan”, BPPM Kliring mengundang Faiz Iqbal Maulid, S.Tr.I.Kom, seorang news editor di Tribun Pontianak.co.id.


Kegiatan PJTD dibuka pukul 10.00 WIB oleh Azahra Dita selaku master of ceremony  dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan mars Bela Negara. Pada kesempatan kali ini, Atriken Natasha sebagai pimpinan umum BPPM Kliring menyampaikan harapannya, “semoga dengan adanya acara PJTD ini mampu memberikan gambaran terkait kepenulisan serta keberanian dalam menulis bagi para peserta, khususnya bagi anggota BPPM Kliring.”  


Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi yang dipandu oleh Permata Aghna selaku Moderator. Dalam penyampaiannya, Faiz  Iqbal Maulid menyampaikan bagaimana suatu berita itu ditulis. Beliau pun memberikan contoh produk berita yang ia tulis sendiri, yaitu kasus Azis Syamsudin yang ditangkap KPK. Kak Faiz berbagi pengalamannya tentang bagaimana menulis berita offsite, keberaniaanya menguak berita, serta ancaman ancaman yang beliau dapat ketika membuat berita tersebut. Beliau berpesan bahwa rasa berani itu tumbuh karena biasa, “tidak usah takut dalam menulis berita selagi itu kebenaran”.


Dengan berakhirnya penyampaian materi, Moderator malanjutkan acara dengan membuka sesi tanya jawab. Antusiasme peserta dapat terlihat dengan banyaknya peserta yang ingin bertanya. Mulai dari bagimana tips agar tidak malas menulis sampai bagaimana menulis kasus yang sedang ramai diperbincangkan seperti aksi BEM UI yang menolak RUU Ciptaker di media sosial.


Dina Aryani, ketua pelaksana kegiatan PJTD, mengevaluasi dan menyampaikan beberapa kendala seperti, kurangnya informasi dan komunikasi menjadi salah satu kendala. Namun secara keseluruhan, acaranya sukses dan berhasil, Kemudian ia berterima kasih kepada para panitia yang membantu berlangsungnya acara PJTD. Ia pun berharap untuk selanjutnya agar kendala kendala bisa lebih diminimalkan lagi.

Foto bersama panitia dan peserta PJTD BPPM Kliring 2023
Sumber: dokumentasi panitia


Penulis: Elok Hilda Amani

Editor: Dwi Yuliyanti

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama