4 Tips Ini Bisa Bikin Masa Mahasiswa Barumu Lebih Menyenangkan!

Menjadi mahasiwa baru di kampus impian merupakan salah satu anugerah terbesar yang didamba setiap siswa kelas XII sekolah menegah tingkat atas. Tak bisa dipungkiri, masa menjadi mahasiswa baru ini bakalan jadi moment yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Di fase ini, kamu harus mulai belajar untuk lebih mandiri dan beradaptasi dengan dunia perkuliahan yang pastinya akan berbeda dengan pengalaman saat bersekolah. Hayo, pastinya kita nggak mau kan ya masa ini dilewati dengan sia-sia atau malah menyedihkan. Nah, ini dia 4 tips yang bisa bikin masa mahasiswa barumu lebih menyenangkan!

1. Mulai Membuka Diri

 Di masa-masa mahasiswa baru ini, bakalan banyak banget kesempatan kamu buat bertemu dan berkenalan dengan orang baru. Nah, bisa nih kamu mulai membuka diri. Mungkin latihan menyapa dan berkenalan, pokonya kalau bisa jadi pribadi yang humbel dan supel deh. Eits, jangan cuma ke teman seangkatan, kamu juga harus cobain berkenalan dengan senior dan teman-teman beda jurusan mau pun fakultas.

           Membuka diri dan mempunyai kenalan di masa mahasiswa baru bukan tanpa tujuan lho. Ini bakalan berguna banget buat kamu ke depannya. Misal nih, kamu belum tahu bagaimana cara mengambil KRS, selain bisa lihat di petunjuk kampus, kamu bisa tanya senior kenalan kamu buat informasi yang lebih jelas. Oiya, katanya sih orang-orang yang kamu kenal di masa mahasiswa baru ini bakalan jadi teman setia sampai lulus lho, coba deh buktiin!

2. Ikut Organisasi dan UKM Sesuai Minat dan Bakatmu

Sebagai mahasiwa baru, kamu sudah bisa mulai mengikuti organisasi dan UKM yang beragam di kampus lho. Selain karena beban kuliah yang belum terlalu banyak di awal semester, mengikuti organisasi dan UKM akan menambah pengalaman dan meningkatkan skill kamu. Kamu juga bakalan punya lebih banyak teman lintas jurusan dan fakultas jika mengikuti organisasi di tingkat universitas dan banyak manfaat lainnya. Pokonya jangan sampai terlewat mengikuti organisasi dan UMKM di masa mahasiswa barumu ya!

3. Memiliki Rasa Semangat untuk Kuliah

Rasa semangat dalam menjalani kuliah menjadi sangat penting mengapa? karena rasa semangatlah yang akan membuat kamu tak pernah absen mengikuti perkuliahan, apalagi dimasa pandemic seperti sekarang ini, dimana semua kegiatan dilakukan dari rumah. Kamu harus selalu menanamkan rasa semangat walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan dosen dan teman-temanmu. Kamu perlu membuat komitmen dengan diri kamu sendiri bahwa kamu harus hadir di semua kelas dan harus bisa lulus dengan cepat. Jika sudah memiliki komitemen seperti ini, nantinya kamu tidak memiiki alasan lagi untuk bermalas-malasan untuk selalu mengikuti kelas, dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen secara tepat waktu.

4. Pastikan kelengkapan sarana untuk melakukan perkuliahan daring

Selain kamu harus memiliki semangat dan komitmen yang kuat, hal penting berikutnya yaitu kamu kamu harus mempersiapkan semua kelengkapan buat kuliahmu, agar kamu dapat mengikuti perkuliahan. Saat ini banyak kampus yang memilih sarana berbasis video call dalam menunjang perkuliahan seperti menggunakan zoom, google meet, ataupun whatsapp. Dosen juga akan memanfaatkan google classroom sebagai sarana untuk meng-upload materi dan mengumpulkan tugas-tugas agar lebih mudah.

Beberapa kampus bahkan memiliki website resmi untuk menunjang kegiatan belajar-mengajarnya.

Jadi yang perlu dilakukan kalian para mahasiswa baru adalah mencari informasi bagaimana system perkuliahan dilakukan. Kamu juga harus menciptakan suasana belajar yang nyaman, pilihlah lokasi yang tenang dan nyaman agar kamu mudah untuk berkonsentrasi dan cepat mengerti materi yang diberikan. Kamu perlu menghindari area yang dapat menghancurkan konsentrasi dan mood belajarmu. Persiapkan juga alat tulis atau hal lain sebagai sarana pendukung belajarmu.

 

Nah, dengan tips-tips diatas tentu akan membuat kamu mampu melewati masa-masa menjadi maba dengan sangat menyenangkan dan mudah bukan. Semoga 4 tips diatas dapat bermanfaat buat kamu, ya! (Clean, Ida)

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama