Tips dan Trik Belanja Online Bagi Mahasiswa di Masa Pandemi

Era digital seperti saat mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya di sector perdagangan. Transaksi jual beli yang biasanya dilakukan secara langsung kini bisa dilakukan secara online yang hanya bermodalkan smartphone dan internet. Dengan sistem digital kini jangkauan pasar yang ditawarkan lebih luas dibandingkan transaksi yang dilakukan secara langsung, dimana masyarakat dapat dengan mudah melakukan transaksi di dalam negeri maupun ke luar negeri. Terlebih lagi di masa pandemic seperti saat ini, belanja kebutuhan secara online dinilai lebih aman dibandingkan berbelanja di tempat.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Begitu juga dengan berbelanja online, dengan kemudahan yang ditawarkan dari berbelanja online terdapat banyak risiko yang mungkin akan terjadi. Jadi dalam artikel ini kami akan memberikan tips kepada para pembacara apa yang harus diperhatikan ketika berbelanja online. Beberpa tips yang bisa diterpakan saat akan berbelanja secara online, yaitu :

1.     Teliti Dalam Mengisi Data Pribadi dan Pastikan Cek Reputasi Toko

Yang pertama dilakukan ketika hendak berbelanja online yaitu perlu berhati-hati saat memilih produk dari penjual yang ada di e-commerce tersebut. Pastikan bahwa penjual sudah memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Kamu bisa cek berdasarkan rating pada toko tersebut serta komentar dari pembeli lain yang sebelumnya sudah melakukan pembelian. Dan jangan lupa untuk cek detail produk sehingga kita akan mendapatkan informasi dari produk yang kita beli, baik bentuk, ukuran, warna dan kegunaannya. Serta apakah produk tersebut real picture atau sesuai dengan gambar dan juga apakah penjual/tokonya amanah dalam melakukan pengiriman barang.

2.     Cermati Syarat dan Ketentuan

Setiap toko memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Baik itu masa garansi, perjanjian waktu pengembalian dan sebagainya. Dengan mencermati syarat dan ketentuan yang diberlakukan setiap toko, maka kita sudah siap menerima apa yang telah dijanjikan oleh penjual.

3.     Baca Dengan Teliti Deskripsi Produk Yang Akan Dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan Anda sudah membaca secara detail informasi atau deskripsi produk terkait. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai denga napa yang Anda inginkan saat barang sudah sampai di tempat. Jika Anda kurang jelas mengenai deskripsi produk yang Anda baca, maka tanyakan langsung kepada penjual yang bersangkutan untuk mengetahui lebih detal mengenai produk yang ingin Anda beli.

4.     Hindari Transfer Langsung

Sebaiknya, pilih platform marketplace jika kita hendak berbelanja secara online. Karena dengan ini, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah-tengah antara pembeli dan penjual. Jadi, pembeli tidak langsung mengirim pembayaran ke penjual. Tetapi ditampung dulu oleh pihak electronic commerce (e-commerce) dan baru akan dikirim ke penjual setelah dipastikan barang tiba dengan selamat.

Nah, mungkin ada saja penjual yang ‘nakal’ dengan meminta pembeli mentransfer sejumlah uang pembayaran langsung ke rekening mereka. Jika ini terjadi, jangan mau untuk menerima permintaan tersebut. Karena ini kemungkinan besar adalah penipu. Dengan mengirim pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual, artinya akan sulit untuk meminta dana dikembalikan jika barang tidak kunjung sampai.

5.     Cek Paket dan Hilangkan Jejak Data

Jika semua hal sudah dipastikan dengan baik dan transaksi berjalan lancar. Maka kita tinggal tunggu saja barang pesanan yang kita beli sampai ke tempat tujuan. Setelah paket sampai di tangan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dan memeriksa isi di dalam paket. Apakah barang yang ada di dalam paket sesuai dengan apa yang kita beli atau tidak, serta pastikan juga tidak ada kerusakan pada produk tersebut. Jika ada kerusakan, kita bisa segera melaporkannya untuk ditangani lebih lanjut.

Belum cukup sampai di situ, biasanya saat barang dikirim akan ada identitas pembeli yang berisi data-data pribadi. Seperti nama, alamat hingga nomor telepon. Jangan biarkan data-data tersebut kamu buang begitu saja di tempat sampah. Sebelum kertas catatan berisi data itu dibuang, gunting atau hancurkan terlebih dulu agar tidak terbaca. Hal ini untuk menghindari penipuan yang bisa saja mengatasnamakan diri kita berbekal data-data yang tertera pada paket pengiriman.

6.     Berikan Umpan Balik atau Ulasan kepada Penjual

Dengan menuliskan ulasan mengenai barang yang sudah Anda terima, ini memudahkan orang lain mendapatkan infofmasi apabila akan membeli barang yang sama di lain waktu. Anda dapat memberikan masukan positif kepada penjual dan merekomendasikan pada orang lain.

7.     Cari Tahu Tanggal Promo Diskon Besar yang Akan Hadir

Hari raya seperti Imlek, Idul Fitri, dan juga Natal biasanya akan dimanfaatkan oleh banyak e-commerce atau toko online untuk menghadirkan promo diskon besar, mulai dari paket hemat beli 1 gratis 1, gratis ongkos kirim, hingga cashback. Oleh karenanya, penting bagi kamu yang kebetulan hanya memiliki budget terbatas atau ingin berhemat, tidak ada salahnya berpartisipasi dalam kampanye promo tersebut. Jadi pastikan kamu cari tahu tanggal-tanggal spesial tersebut, termasuk tanggal cantik, seperti 10.10, 11.11 sale, hingga Harbolnas 12.12.

Sebagai pembeli tentu kita senang dengan promo yang ditawarkan, tetapi janganlah  berbelanja karena embel-embel promo . tetap harus mempertimbangkan kembali apakah barang yang kita beli itu akan dibutuhkan atau tidak karena gelap mata dan tergiur diskon akhirnya kita belanja melebihi  budget yang sudah dianggarkan sehingga  berakhir dengan penyesalan. (Chandra, Evalia)

 

 

Tips dan Trik Belanja Online Bagi Mahasiswa di Masa Pandemi Tips dan Trik Belanja Online Bagi Mahasiswa di Masa Pandemi Reviewed by Admin on Agustus 22, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.