Pandemi Mulai Mengganggu Pola Tidur? Lakukan Hal Ini!

 


Selama enam bulan terakhir masyarakat Indonesia perlu menghadapi suatu kondisi penyesuaian akibat COVID-19 yang semakin merebak di berbagai daerah. Penyesuaian yang 'memaksa’ tersebut mengakibatkan beberapa perubahan aktivitas di kehidupan sehari-hari meskipun hanya terlihat kecil. Disadari atau tidak sadari melakukan aktivitas di rumah saat pandemi ini memang dapat mengubah beberapa pola aktivitas yang biasa dilakukan saat dalam keadaan normal. Salah satu yang dapat berubah pola nya adalah tidur. Aktivitas satu ini memang menjadi kebutuhan tiap orang setelah selesai melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan dan untuk memulihkan kembali kekuatan baru. 

Bagaimana pola tidur setiap orang jika aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah saat pandemi? Aktivitas seperti apa saja yang mungkin bisa menjaga kualitas tidur sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya di kemudian hari? Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas tidur yang baik.

1. Atur Jadwal Kegiatanmu untuk Hari Esok

Di masa pandemi terutama saat di rumah saja, jangan sampai kamu mengisi kegiatanmu dengan hal yang biasa, seperti makan, tidur, dan sebagainya. Jika demikian, di malam hari tidur mu akan terganggu.

2. Menyetel Alarm Perlu Dilakukan dan Taruh Ponsel Pintar Sejauh Mungkin

Cobalah untuk merencanakan tidur lebih awal dan istirahatkanlah pikiran serta tenaga. Walau situasi sekarang serba daring, bukan berarti kita harus memaksakan diri untuk tetap terhubung dengan banyak orang tanpa melihat waktu. Untuk itu, cobalah menghentikan kegiatan dan bersiaplah pergi tidur dengan menyetel alarm di ponsel pintar dan menaruhnya minimal sejauh satu meter. Dengan begitu, kamu dapat mengatur kebutuhan tidurmu dengan baik dan segera melaksanakan kegiatanmu dikemudian hari. Selain itu, menaruh ponsel jauh dari tempat tidur berfungsi untuk menghindari paparan radiasi ponsel pintar dan agar kamu bisa segera bangun untuk meraih ponsel mu yang berbunyi karena alarm tadi tanpa takut tertidur kembali.

3. Berhentilah Menggunakan Ponsel Pintarmu Sebelum Tidur

Ponsel pintar menjadi barang kebutuhan orang saat ini bahkan tak jarang ada yang sulit untuk melepaskan barang satu ini meski tidak ada sesuatu yang penting. Ponsel pintar tidak hanya merusak pola tidur sekarang namun juga dikemudian hari karena menekan hormon melatonin atau hormon yang mengatur pola tidur manusia. Agar menghindari pola tidur yang semakin kacau, biasakanlah untuk menaruh ponsel pintar mu 30 menit sebelum tidur. 

4. Buatlah Tidurmu Menjadi Nyaman

Pada umumnya, seseorang dianjurkan untuk mematikan lampu karena membantu memejamkam mata, menggunakan pakaian yang lebih longgar, dan menggunakan peralatan tidur lainnya seperti selimut, guling, atau kaus kaki. Memastikan posisi kepala yang lebih rendah dapat membuat area sekitar leher menjadi lebih rileks dan nyaman sehingga otot dapat beristirahat dan sirkulasi darah menjadi lancar disertai dengan posisi tidur yang terlentang.

5. Rajin Berolahraga

Berolahraga menjadikan fisikmu lebih bugar sehingga kualitas tidur lebih bagus dan tidak mengalami kelelahan yang berlebih serta mengurangi kesulitan tidur bagi yang sulit tidur. Hal ini sangatlah cocok terutama bagi kamu yang sedang di rumah saja saat pandemi karena dengan berolahraga maka kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih lagi selain memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Namun tetap ingat protokol kesehatan ya saat berolahraga agar tetap sehat dan selamat. (L. Romy Kameubun).

Pandemi Mulai Mengganggu Pola Tidur? Lakukan Hal Ini! Pandemi Mulai Mengganggu Pola Tidur? Lakukan Hal Ini! Reviewed by Admin on September 17, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.