Kanal Youtube tentang Kesehatan Mental, Pentingkah di Kala Pandemi?

Sebagian orang menjalani protokol kesehatan sebagai sesuatu yang dipaksakan karena banyak rencana yang sudah disusun rapi terpaksa harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Memprediksi akan masa depan juga sulit dilakukan di tengah ketidakpastian saat ini. Namun, menunda segalanya tanpa akhir akan berakibat buruk bagi kesehatan mental.
Selain itu, banyak yang merasakan kejenuhan menjalani adaptasi kebiasaan baru ini. Jika jenuh sudah muncul, maka rasa semangat untuk menjalani kehidupan akan meredup. Tak hanya itu, rasa malas akan beriringan muncul sehingga apapun yang dikerjakan hasilnya menjadi tidak optimal. Banyak peneliti mengungkapkan kaitan erat antara ketidakpastian masa depan dan kecemasan (anxiety). Ketidakmampuan menoleransi ketidakpastian juga berhubungan kuat terhadap depresi.
Berikut ini beberapa kanal youtube inspiratif yang menyajikan informasi seputar bidang psikologi, seperti pengendalian emosi stres dan depresi, termasuk gejala dan cara mengatasinya, serta cara untuk membangkitkan semangat.
1. Satu Persen
Kanal ini mengkaji banyak hal mulai dari sekolah dan belajar, relasi hubungan, kesehatan mental, self-awareness, critical thinking dan logical reasoning, hingga personal finance. Satu Persen menayangkan video untuk membangun kepercayaan diri (self-esteem) dan pengetahuan lainnya seputar dunia psikologi.
2. Crash Course
Kanal berjumlah sepuluh juta subscribers ini memang layak dijadikan sebagai tontonan. Memiliki konten dari bidang yang beragam mulai dari sejarah, biologi, sastra, ekologi, kimia, psikologi, hingga games. Hadir dalam bahasa Inggris dengan penyampaian yang mudah dipahami.
3. Psyc2Go
Memahami teman dan pasangan melalui video dari saluran ini juga dapat membantu. Selain penyampaiannya yang dikemas dengan animasi menarik, pembahasannya yang ringan membuat kita dapat memahami isi konten dengan baik.
Kanal yang hadir sejak 2014 ini telah diikuti lebih dari tiga juta subscribers. Seperti namanya, Psych2Go. Akun ini bertujuan untuk memperkenalkan ilmu psikologi agar mudah  dimengerti dan dapat diterapkan para penontonnya.
4. Analisa Channel
Di balik layar Kanal Analisa ialah seorang psikolog sekaligus youtuber yang salurannya banyak membahas hal menarik seputar isu psikologi masa kini, seperti toxicity, inner child, dan IKIGAI. Tak hanya itu, masih banyak topik lain yang tidak kalah menarik dikupas, termasuk ulasan untuk lebih mencintai diri sendiri serta mengulik alasan seseorang melakukan suatu tindakan tertentu ditinjau berdasarkan sisi psikologi.
5. Motivation Madness
Melalui kanal ini dibahas beberapa motivasi dari tokoh-tokoh berpengaruh seperti psikolog terkenal Jordan Peterson, investor besar Warren Buffet, dan pebisnis sukses Jack Ma yang akan membangkitkan semangat kita di masa pandemi. (Riski Dewi Novitasari)
Kanal Youtube tentang Kesehatan Mental, Pentingkah di Kala Pandemi? Kanal Youtube tentang Kesehatan  Mental, Pentingkah di Kala Pandemi? Reviewed by Admin on Agustus 03, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.