KKN Covid-19, Edukasi Pencegahan dan Dampak Ekonomi Akibat Pandemi

Pandemi COVID-19 berdampak di seluruh sektor yang ada, termasuk sektor pendidikan perguruan tinggi. Hal tersebut menyebabkan terganggunya segala aktivitas yang seharusnya dilakukan di lapangan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta yang wajib dipenuhi sebelum lulus. Pandemi COVID-19 tidak menghalangi terlaksananya kegiatan tersebut. Terdapat hal berbeda pada pelaksanaan KKN kali ini, yakni dilaksanakan di domisili masing-masing mahasiswa. Selain itu pada tahap persiapan mulai dari pendaftaran, penyusunan, persetujuan program kerja hingga pemantauan pelaksanaan program kerja dilaksanakan secara daring oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
Pelaksanaan KKN 72 Tematik Covid ini mulai dari 1-31 Juli 2020. KKN 72 Tematik diikuti oleh 1269 mahasiswa  didominasi oleh angkatan 2017. Program kerja peserta KKN 72 Tematik terbagi menjadi dua, yakni program kerja utama dan program kerja pendukung. Program kerja pada pelaksanaan KKN kali ini berkisar seputar edukasi terkait dengan COVID-19 seperti pencegahan, risiko hingga dampak terhadap ekonomi. Meski begitu program kerja lainnya yang menjadi anjuran bagi warga setempat tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan.
Mahasiswa yang melaksanakan KKN dapat mengandalkan teknologi guna meminimalisir terjadinya kontak langsung. Namun, jika tetap ada program kerja yang dilakukan secara tatap muka tetap diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut berguna sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (Wiwit S)
Editor : Fathony Darmawan

KKN Covid-19, Edukasi Pencegahan dan Dampak Ekonomi Akibat Pandemi KKN Covid-19, Edukasi Pencegahan dan Dampak Ekonomi Akibat Pandemi Reviewed by Admin on Juli 20, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.