Alumni Pulang Kampus dan Pentingnya Merajut Jaringan


Foto: KLIRING/Dimas KF
BPPM KLIRING – Hubungan dengan Alumni merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah perguruan tinggi. Hal ini yang coba dibangun oleh Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta (KAFENTA) yang mengambil bagian dalam rangkaian acara Alumni Pulang Kampus dengan mengadakan workshop dan bazar kewirausahaan. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu (16/12/2017) ikut menyemarakkan Dies Natalis UPNVY ke-59.

Workshop Membangun Jaringan dalam Kewirausahaan
Usaha yang telah dilakukan untuk membangun jaringan antar alumni salah satunya dilakukan melalui online yang nantinya akan dibangun melalui aplikasi UPNVY Mobile. “Ternyata bahwa dari upaya kita peroleh di kampus dengan kecerdasan intelektual itu, yang mendorong keberhasilan ternyata adalah di dalam kecerdasan sosial, kecerdasan emosial, ketika kita membangun jaringan-jaringan,” ucap Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Winarno, M.M melalui sambutannya dalam acara Workshop Membangun Jaringan dalam Kewirausahaan di ruang seminar FEB.

Workshop tersebut menghadirkan pembicara yang juga merupakan alumni dari FEB, yaitu Drs. Zainal Arifin, MM, Mpdi dan GKBR.Ay. Atika Paku Alam yang merupakan istri dari KGPAA Paku Alam X. Selama workshop, GKBR.Ay. Atika Paku Alam menceritakan bisnis kain batiknya. Ia juga bercerita kain batik klasik yang ia miliki mampu terjual dengan rentang harga Rp20 juta hingga ratusan juta rupiah. Alasannya, di setiap kain batik dilengkapi penjabaran filosofi yang membuatnya semakin istimewa. Tidak hanya menceritakan bisnisnya, perempuan yang berasal semarang ini juga menyinggung kehidupannya dahulu sebagai mahasiswa biasa hingga bertemu dan menikah dengan KGPAA Paku Alam X yang juga berasal dari fakultas yang sama.

Lain halnya dengan Drs. Zainal Arifin, MM, Mpdi. Ia menceritakan tentang bisnis kulinernya RM Ulan Sari dan Kopi Boss yang sudah berkembang. Selain itu, ia juga mengulas perkembangan bisnis saat ini di mana telah banyak pesaing yang muncul. Workshop yang dihadiri mahasiswa dan alumni dari berbagai angkatan ini diakhiri dengan presentasi oleh alumni yang telah terjun menjadi wirausahawan.

“Dengan agenda yang seperti ini harapan kita, kita bisa betul-betul membangun jaringan yang kuat. Karena sebenarnya perguruan tinggi yang kuat, fakultas yang kuat, itu sangat tergantung dari alumninya,” ucap Dekan.
Foto: KLIRING/Dimas KF

Bazar Kewirausahaan
Selain Workshop, KAFENTA juga menyediakan bazar untuk alumni yang mempunyai usaha. Berbagai produk maupun jasa mengisi stand-stand di Auditorium W. R. Supratman UPNVY.
“Kita diajak KAFENTA untuk memeriahkan stand,” ucap Irni Septiani, alumni FEB angkatan ’86 yang mengisi salah satu stand. Ia menjelaskan produk yang ia jual bersama dua kawannya. Dari mulai batik klasik, batik kontemporer, hingga aksesoris seperti dompet berjajar rapih. “Mudah-mudahan kalau besok diadakan lagi, diperbaiki lagi untuk masalah standnya sama publikasi untuk menarik pengunjung datang ke sini,” tutupnya.

Foto: KLIRING/Reiza FM

Reporter: Dimas Khairul Fajri



Alumni Pulang Kampus dan Pentingnya Merajut Jaringan Alumni Pulang Kampus dan Pentingnya Merajut Jaringan Reviewed by Admin on Desember 18, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.