Tips dan Trik Mengisi Waktu Luang yang Bermanfaat di Tengah Diberlakukannya PPKM

 


Hai sobat mahasiswa, untuk kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah PPKM yang lagi hangat dibicarakan saat ini. PPKM ini sangat merubah pola keseharian kita yang biasanya sibuk dengan kegiatan-kegiatan diluar, sekarang menjadi do everything at home. Nah, untuk lebih jelasnya gimana sih PPKM itu, bisa disimak lebih lanjut lagi ya guys.

Apa pengertian PPKM itu?

PPKM ini merupakan singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, PPKM merupakan kebijakan Pemerintah Indonesia pada tahun 2021 untuk menangani pandemi Covid-19 yang telah marak terjadi di Indonesia sejak 2019 lalu, PPKM ini dilaksanakan sejak tanggal 3 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021, kabarnya PPKM ini akan diperpanjang namun masih belum pasti. Awalnya, PPKM diberlakukan di wilayah Jawa dan Bali. Kemudian PPKM Darurat diperluas ke 15 daerah di luar Jawa-Bali, meliputi kabupaten kota di sejumlah provinsi. Terdiri dari Kota Tanjung Pinang dan Batam (Kepulauan Riau), Kota Singkawang dan Pontianak (Kalimantan Barat), Kota Padang Panjang dan Bukittinggi (Sumatera Barat). PPKM ini berfokus pada tempat kerja, kegiatan belajar mengajar, restoran atau tempat makan, pusat perbelanjaan serta tempat ibadah.

Apa tujuan dari PPKM?

Sebenarnya apa tujuan pemerintah memberlakukan PPKM?, untuk teman-teman yang masih penasaran tujuan dari pemerintah memberlakukan PPKM, Pemerintah memberlakukan PPKM dari tanggal 3 sampai dengan 20 Juli 2021 ini memiliki tujuan yang sangat positif yaitu untuk menekan kasus penularan Covid-19. Dengan diberlakukannya PPKM ini masyarakat diharapkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah supaya terhindar dari penularan virus. Sekalipun sudah diberlakukan PPKM masyarakat diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bagaimana cara mengisi waktu luang dengan efektif?

Sobat mahasiswa pastinya pernah merasa bosan kan ketika diberlakukannya PPKM yang lebih dari dua minggu ini, sebenarnya banyak lho guys kegiatan-kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luang kalian ini yang akan membuat kalian tetap bersemangat walaupun dirumah saja, sehingga waktu luang kalian bisa terisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Nah berikut beberapa kegiatan yang bisa teman-teman lakukan untuk mengisi waktu luang kalian, diantaranya:

1. Membaca atau Membuat Artikel

Untuk teman-teman yang suka membaca boleh banget nih dicoba untuk membuat artikelnya, selain menambah wawasan membuat artikel ini juga bisa mengasah kreativitas kalian dan menyalurkan ide-ide menarik yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kalian serta orang lain.

2. Bisnis Online

Bagi teman-teman yang memiliki jiwa-jiwa pembisnis bisa banget dicoba untuk berjualan online, karena diberlakukannya PPKM ini banyak masyarakat yang memilih untuk berbelanja online, keadaan seperti ini harus kalian manfaatkan untuk mengisi waktu luang kalian karena berjualan online ini tidak terpengaruh oleh waktu dan tempat sehingga kapan saja dan dimana saja kalian tetap bisa berjualan. Selain untuk mengisi waktu luang, berjualan online ini juga bisa menambah pendapatan lho.

3. Memperbanyak Quality Time bersama Keluarga

Memang benar dunia sedang dilanda pandemi dan situasi sedang berbahaya di luar, namun ada kenikmatan yang jarang diperhatikan serta kurang dihargai, yaitu Quality Time bersama keluarga terdekat di dalam rumah. Kalian yang dulunya sering keluar bermain atau belajar di luar, jarang bertemu dan menikmati kebersamaan keluarga sekarang dapat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Momen momen itulah yang dulu sulit didapatkan, namun sekarang dapat dirasakan dengan mudah.

4. Menekuni Hobi Baru

Di masa pandemic ini, ada banyak hobi baru yang dapat temen temen tekuni, hobi seperti menekuni olahraga baru dan membaca dapat meningkatkan kemampuan jasmani dan rohani seorang individu lalu untuk hobi seperti belajar memasak dan berkebun dapat memberi penghasilan juga lo kalau benar benar ditekuni dengan baik.

 

5. Redekorasi

 

Menetap di rumah terus dan hanya melihat seisi ruangan atau rumah secara monoton pastinya akan membosankan dan membuat jenuh. Untuk menghilangkan kejenuhan tersebut, teman teman dapat menata dan mendekorasi ulang rumah sesuai dengan keinginan teman teman. Kegiatan ini dapat dibilang menyenangkan dan akan memberi kepuasan sendiri setelah dilakukan.

Nah itu dia temen temen cara cara efektif untuk melewati masa PPKM ini, tetap jaga kondisi tubuh dan semangatnya, semoga masa PPKM kalian lancar dan menyenangkan! (Rino Rinata & Indah Etika Sari)

 

 

 

Tips dan Trik Mengisi Waktu Luang yang Bermanfaat di Tengah Diberlakukannya PPKM Tips dan Trik Mengisi Waktu Luang yang Bermanfaat di Tengah Diberlakukannya PPKM Reviewed by Admin on September 03, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.